15 July 2024

/

Status Gunung Awu di Sangihe Level III, Warga Diminta Tetap Beraktifitas Namun Waspada

1 min read
Gunung Awu Sangihe
Kawah Gunung Awu di Sangihe yang kini naik level menjadi status Siaga. foto: dok KM-Iwan

KANALMETRO, SANGIHE – Status Gunung Awu yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe terjadi peningkatan menjadi siaga atau level III dari sebelumnya waspada atau level II.

Namun Penjabat Bupati Kepualauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan meminta warga untuk tetap beraktifitas biasa dalam kesehariannya meski status Gunung Awu terjadi peningkatan.

“Warga jangan panik dan tetap tenang, namun waspada. Tetap lakukan aktivitas secara normal. Namun tetap patuhirekomendasi tentang larangan dalam radius 5 Kilo Meter dari kawah gunung,” kata dr Rinny Tamuntuan, Jumat 4 Mei 2024.

Dia juga mengatakan bahwa pemerintah daerah bertanggungjawab untuk memberikan informasi kepada masyarakat setiap saat tentang perubahan status gunung jika ada peningkatan aktifitas kegempaan.

“Berdasarkan kearifan lokal, maka ada tanda-tanda atau petunjuk jika erupsi Gunung Api Awu akan terjadi. Apalagi didukung dengan peralatan deteksi yang digunakan saat ini,” tambah Dia.

Masyarakat juga diminta agar hanya mempercayai informasi yang disampaikan Pemerintah. Dan diajak untuk terus berdoa suapa dijauhkan dari segala musibah.

Reporter: Iwan Machmud

Editor: Fransiskus Talokon

Latest from Same Tags