14 June 2024

/

Lokasi Relokasi Masyarakat Korban Bencana Erupsi Gunung Ruang di Bolsel

1 min read
DPRD Sulut
Hearing di DPRD Sulut terkait proses relokasi masyarakat korban terdampak bencana erupsi Gunung Ruang, Senin (27/5/2024). KM-Rio

KANALMETRO, SULUT – Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) merupakan lokasi yang menjadi pilihan sebagai tempat relokasi bagi masyarakat korban terdampak bencana erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang dan Biaro (Sitaro).

“Jadi nantinya 301 Kepala Keluarga yang merupakan korban dari dampak bencana erupsi Gunung Ruang akan dilakukan relokasi di Desa Modisi di Kabupaten Bolsel,” kata kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BP2W) Sulut, Prasetyo Budi Luhur dalam hearing bersama Komisi III DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Senin 27 Mei 2024.

Bahkan Dia menjelaskan bahwa sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo jika proses relokasi dilakukan dalam waktu 6 bulan. Sehingga ditargetkan agar bulan Desember 2024 nanti semuanya sudah selesai.

Selain rumah, di lokasi relokasi juga akan disiapkan lima rumah ibadah, dua balai Desa, Sekolah, sarana olahraga serta tambatan perahu bagi masyarakat.

Dan warga yang akan direlokasi berasal dari Desa Pumpente dan Desa Laingpatehi. Karena kedua Desa tersebut tepat berada di kaki Gunung Ruang yang merupakan lokasi bencana erupsi.

Hearing tersebut dipimpin langsung Ketua Komisi III DPRD Sulut, Berty Kapojos serta diikuti sejumlah anggota diantaranya Boy Tumiwa, Yongkie Limen dan Tonao Jangkobus.

Editor: Fransiskus Talokon

Latest from Same Tags