15 July 2024

/

Pemkab Minahasa Raih Opini 10 Kali Berturut dari BPK RI

2 mins read
Pj Bupati Minahasa menerima LHP dari Kepala Perwakilan BPK RI Sulut atas LKPD tahun 2023, Jumat (31/5/2024). foto: pemkab minahasa

KANALMETRO, MINAHASA – Ditahun 2024 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2023.

Raihan opini WTP itu merupakan yang kesepuluh kali secara berturut dari BPK RI terhadap Pemkab Minahasa. Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) pun telah diterima oleh Penjabat (Pj) Bupati Minahasa, Djemy S Kumendong dari Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sulawesi Utara, Arief Fadillah, Jumat 31 Mei 2024.

Usai penyerahan LHP di kantor perwakilan BPK RI Provinsi Sulawesi Utara, Pj Bupati Minahasa yang didampingi Wakil Ketua DPRD Minahasa, Denny Kalangi mengaku bersyukur atas hal tersebut.

“Hal ini mengartikan bahwa bahwa pengelolaan keuangan kita sudah berada pada jalur yang benar,” kata Djemy S Kumendong.

Meski ada beberapa catatan yang diberikan BPK, dan wajib diselesaikan oleh sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dan hal tersebut harus dilakukan selama enam puluh hari kedepan, sejak LHP diterima.

“Apresiasi kepada sejumlah OPD yang telah bekerja maksimal, sehingga pengelolaan keuangan sudah sangat baik. Meski ada beberapa catatan yang mesti diselesaikan. Kedepan, kita mesti melaksanakan segala sesuatu dengan lebih baik lagi, sesuai dengan aturan-aturan yang sudah ditetapkan,” tambah Dia.

Sedangkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa, Lynda Watania menegaskan bahwa Dia mendorong semua jajaran yang sudah mengetahui catatan bagi mereka, agar segera menindaklanjutinya.

“Kami akan terus memantau langsung dan melakukan koordinasi secara efektif disetiap OPD terkait dalam menindaklanjuti berbagai catatan yang diberikan.

Sementara itu Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sulawesi Utara mengatakan bahwa secara keseluruhan, LKPD Kabupaten Minahasa sudah memuaskan. Meski ada beberapa catatan yang harus diselesaikan.

“Memang ada yang sudah dikembalikan, dan sisanya kami beri waktu selama 60 hari. Ada kekurangan volume dan juga catatan lainnya didalam LHP, silakan diselesaikan. Selebihnya, semua sudah sangat memuaskan,” pungkas Dia.

Ikut hadir sejumlah pejabat terkait di Pemkab Minahasa dalam penyerahan LHP tersebut. (advetorial)

Latest from Same Tags