15 July 2024

Pemkab Minahasa dan Bank SulutGo Bakal Luncurkan Portal Pembayaran Simpati

3 mins read
Pembahasan peluncuran Pemkab Minahasa dan Bank SulutGo Bakal Luncurkan Portal Pembayaran Simpati di Minahasa, Kamis (6/6/2024). KM-Kelly

KANALMETRO, MINAHASA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa bekerja sama dengan Bank SulutGo Tondano siap meluncurkan Portal Sistem Pembayaran Informasi Managemen Pajak Daerah Terintegrasi (SimPATI).

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Minahasa, Jeffry Tangkulung mengatakan bahwa portal khusus transaksi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) ini, akan dilaunching dalam waktu dekat.

“Portal ini mempermudah masyarakat untuk membayar pajak khususnya PBB. Karena pembayarannya tidak lagi secara manual, tapi secara online,” kata Tangkulung usai pembahasan peluncuran bersama Pinca Bank SulutGo Tondano, Michael Rantung, Kamis 6 Juni 2024.

Tangkulung menjelaskan, sistem pembayaran PBB ini, bisa dilakukan melalui kanal bayar intenal maupun eksternal. Dimana, kanal internal melalui Teller, BSG Touch, ATM dan SMS Banking, tampa biaya administrasi.

“Sedangkan kanal eksternal, pembayarannya melalui Indomaret, Alfamaret, dan Tokopedia. Dan sistem pembayaran ini dikenakan biaya administrasi sesuai dengan aturan masing-masing layanan,” jelasnya.

Lebih jauh Tangkulung menjelaskan, dengan hadirnya portal ini, sangat membantu masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran pajak khususnya PBB.

“Jika portal ini sudah resmi diluncurkan, masyarakat tidak lagi cape-cape datang ke kantor Bapenda untuk membayar PBB. Tapi bisa langsung membayar secara online dari manapun dan kapanpun. Atau langsung ke kanal eksternal terdekat,” jelasnya lagi.

Tentunya, kata Tangkulung, sebelum peluncuran dilakukan, terlebih dahulu Bapenda Minahasa dan pihak Bank SulutGo akan mensosialisasikan sistem pembayaran PBB ini ke masyarakat.

“Jadi, kita akan sosialisasikan ini disetiap kegiatan penyerahan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan di setiap desa yang ada di kabupaten Minahasa,” katanya.

Dikatakan juga bahwa Bapenda Minahasa terus melakukan inovasi demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak. Bahkan, kata dia, pihaknya juga melakukan transformasi dari sisi pelayanan kepada masyarakat.

“Untuk saat ini, kita bekerja sama dengan Bank SulutGo untuk menghadirkan portal pembayaran khusus PBB. Tapi kedepan, bukan tidak mungkin akan ada lagi sistem pembayaran pajak lainnya melalui portal yang sama,” kata Tangkulung.

Disisi lain, dirinya memberikan apresiasi kepada Bank SulutGo, karena selalu mendukung program-program Pemerintah Kabupaten Minahasa, dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

“Pak bupati dan ibu sekda tentunya sangat mendukung peluncuran portal pembayaran PBB ini. Karena selain memudahkan masyarakat dalam membayar PBB, juga dapat meningkatkan PAD dari sektor pajak,” ujar Tangkulung.

Tangkukung menambahkan, walaupun peluncuran portal pembayaran akan segera dilakukan. Namun, pihaknya akan tetap turun ke lapangan untuk melakukan monitoring terkait penerapan rekam pajak di setiap desa.

“Tetap sistem jemput bola kita lakukan, untuk memastikan apakah penerapan rekam pajak berjalan di setiap desa. Sekaligus mensosialisasikan sistem pembayaran PBB melalu kanal intenal BSG maupun eksternal,” tukasnya.

Latest from Same Tags