15 July 2024

Josephine Mathilda Dilantik Jabat Ketua TP-PKK Sangihe

2 mins read
Pelantikan terhadap Josephine Mathilda sebagai Ketua TP-PKK Sangihe, Senin (10/6/2024). foto: pemkab sangihe

KANALMETRO, SANGIHE – Josephine Mathilda resmi dilantik menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Senin 10 Juni 2024. Pelantikan dilakukan oleh Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Ny Rita Dondokambey -Tamuntuan di aula Mapalus kantor Gubernur Sulut.

Namun selain sebagai sebagai Ketua TP-PKK Sangihe, Josephine Mathilda juga dilantik sebagai ketua Dekranasda, Pembina Posyandu, Dan Bunda.

Ny Rita Dondokambey-Tamuntuan berharap agar Ketua TP-PKK Sangihe untuk dapat bekerja lebih semangat dan percaya diri hingga adanya ketua yang baru pasca pemilihan kepala daerah serentak.

“PKK merupakan organisasi gerakan yang telah lama berdiri di Indonesia. Tahun ini, kita baru saja merayakan Hari Kesatuan PKK ke-52. Organisasi ini mungkin satu-satunya yang jangkauannya mencapai dasawisma, bahkan hingga ke rumah tangga di seluruh kecamatan. Manajemen administrasi PKK sangat luas karena daya jangkau yang hingga rumah tangga, sehingga potensinya sangat besar jika dimanfaatkan dengan baik,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa apabila potensi PKK dioptimalkan, efeknya akan sangat besar. Untuk mencapai hal ini, penting bagi anggota PKK memiliki kemampuan untuk menggerakkan dan menghasilkan manfaat bagi banyak orang. Kerjasama tim juga sangat diperlukan mengingat latar belakang yang berbeda-beda dari para anggotanya.

“PKK memiliki 10 program pokok, dan tidak semuanya bisa dikerjakan sekaligus. Sebaiknya kita fokus pada program prioritas yang sesuai dengan tantangan di daerah masing-masing. Masalah seperti stunting, air bersih, pendidikan anak putus sekolah, dan perkawinan usia dini perlu mendapat perhatian khusus dari kita,” tambahnya.

Ny Rita juga menekankan pentingnya peningkatan kinerja pengurus dalam mendukung program pemerintah daerah. Ia mengajak ibu-ibu PKK untuk turun langsung ke kecamatan dan desa di daerah masing-masing, serta tidak ragu berkonsultasi dengan dinas terkait seperti PMD, Perindustrian, Perdagangan, dan Dinas Pendidikan jika menghadapi masalah dalam melaksanakan program.

“Akhirnya, mari kita manfaatkan kepercayaan yang diberikan untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat dengan sumber daya yang ada. Manfaatkanlah potensi daerah kita untuk kesejahteraan masyarakat,” tutup Ny. Rita Maya dalam sambutannya.

Latest from Same Tags