14 July 2024

Ranperda RPJPD 2025-2045 Disetujui DPRD Tomohon

2 mins read
Ranperda RPJPD Tomohon
Penyerahan dokumen Ranperda RPJPD Tomohon 2025-2045, Jumat (5/7/2024). foto: pemkot tomohon

KANALMETRO, TOMOHON – Dalam rapat paripurna, DPRD Tomohon menyetujui terhadap rancana peraturan daerah (Ranperda) tentang tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045.

Persetujuan ranperda RPJPD 2025-2045 oleh DPRD Tomohon setelah mendengarkan penyampaian laporan Panitia Khusus, pendapat akhir fraksi-fraksi, serta pendapat akhir Wali Kota terhadap Ranperda itu.

“Apresiasi dan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada pimpinan dan segenap anggota dewan yang terhormat yang memberikan dukungan dan kerjasama yang baik dimana proses pembahasan mengenai ranperda RPJPD 2025-2045 dapat berjalan dengan baik,” ujar Caroll Senduk.

Wali Kota juga menekankan pentingnya sinergitas antara semua pihak dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat Tomohon.

“Kami sangat menghargai perhatian dan keseriusan dewan perwakilan rakyat daerah kota Tomohon dalam melakukan pembahasan internal fraksi serta mengkaji rancangan peraturan daerah tentang RPJPD Kota Tomohon Tahun 2025-2045 yang hasilnya telah dituangkan lewat pendapat akhir fraksi,” tambahnya.

RPJPD merupakan penjabaran dari visi, misi, arah kebijakan, sasaran pokok pembangunan daerah, dan indikator pembangunan jangka panjang untuk 20 tahun. Visi pembangunan Kota Tomohon yang dituangkan dalam dokumen rancangan akhir RPJPD Tahun 2025-2045 adalah “Tomohon Kota Wisata Dunia yang Maju, Sejahtera, dan Berkelanjutan.” Visi ini akan diimplementasikan melalui 8 misi, 17 arah pembangunan, dan 45 indikator.

Pembangunan RPJPD Kota Tomohon akan melalui empat tahapan RPJMD, dengan fokus utama pada penguatan landasan transformasi, akselerasi transformasi, ekspansi global, dan perwujudan Tomohon Emas sebagai kota wisata dunia yang maju dan sejahtera.

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Tomohon, Djemmy Sundah didampingi Wakil Ketua Johnny Runtuwene dan Erens Kereh. Ikut hadir Sekot Edwin Roring bersama unsur Forkopimda dan jajaran Pemkot Tomohon.

Editor: Roni Sepang

Latest from Same Tags