21 April 2024

Lanal Tahuna Peringati Hari Dharma Samudera

1 min read
Danlanal melakukan tabur bunga di laut Sangihe

SANGIHE –  Seluruh Perwira dan prajurit TNI Angkatan Laut (AL) Lanal Tahuna dipimpin Komandan Letkol Laut (P) Sobarudin M Tr Hanla memperingati  Hari Dharma Samudera 2021, Jumat (15/1/2021). Peringatan dalam mengenang Pertempuran Laut Arafuru 15 Januari 1962 silam diawali dengan upacara di Pelabuhan Nusantara Tahuna. Selanjutnya dilakukan tabur bunga di laut menggunakan KAL Pulau Sangihe serta ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) di Kelurahan Santiago.

“Upacara ini adalah refleksi penghargaan setinggi-tingginya untuk para pahlawan laut yang gugur dalam pertempuran Laut Aru. Pengorbanan mereka harus terus tertanam dijiwa bangsa ini,” kata Sobarudin.

Dijelaskannya peringatan ini bertujuan untuk mengenang jasa-jasa para prajurit TNI AL yang telah gugur di medan perang. Seperti apa yang dilakukan oleh Kapten Markadi pada Tahun 1944 berhasil mengobarkan semangat pertempuran dengan menghancurkan beberapa kapal milik Belanda di Selat Bali dan Selat Banyuwangi. Kemudian pada puncaknya adalah pada 15 Januari 1962 terjadi pertempuran di Laut Arafuru.

Danlanal berharap peringatan ini dapat menjadi semangat bagi para Prajurit TNI AL dalam membela kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ancaman bangsa lain.

“Komodor Yos Sudarso dalam pertempuran di Laut Arafuru selalu memberikan semangat untuk terus mengobarkan semangat pertempuran. Dimana artinya dalam konteks saat ini bagi generasi muda yang telah menikmati buah dari perjuangan para pendahulunya, pahlawan laut khususnya agar dapat mengisi hal yang positif sehingga berguna bagi nusa dan bangsa,” pungkasnya.

Seluruh rangkaian kegiatan peringatan ini pula diikuti pimpinan dan anggota Jalasenastri (persatuan istri TNI AL) Lanal Tahuna.(iwan)

Latest from Same Tags