23 July 2024

Kapasitas, Kompetensi dan Profesionalisme Bendahara Pengeluaran di Jajaran Pemkot Tomohon Ditingkatkan

1 min read
bendahara di Pemkot Tomohon peserta in house training bersama Ringkuangan

TOMOHON – Kapasitas, Komptensi dan Profesionalisme seluruh bendahara, baik pengeluaran di perangkat daerah maupun pengeluaran pembantu pada sekretariat daerah di jajaran Pemkot Tomohon ditingkatkan. Proses peningkatan kapasitas dilakukan melalui In House Training tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Modul Penatausahaan Keuangan Daerah. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari mulai Rabu (3/3/2021) hingga Jumat (5/3/2021) dibuka Pj Sekdakot Tomohon Jemmy Ringkuangan.

Dikatakan Ringkuangan, guna memenuhi Informasi Pemerintahan Daerah, maka Kemendagri telah memfasilitasi satu aplikasi berbasis elektronik yang terintegrasi untuk digunakan oleh pemerintah daerah. Hal ini telah membantu pemerintahan daerah khususnya Pemerintah Kota Tomohon, dimana tahapan perencanaan dan penganggaran tahun anggaran 2021 telah menggunakan aplikasi SIPD yang dibangun oleh Kemendagri, sehingga untuk tahun anggaran 2021 untuk pelaksanaan dan penatausahaan keuangan daerah akan menggunakan aplikasi SIPD ini.

Sistem Informasi Pembangunan Daerah ini meliputi Informasi Pembangunan Daerah, Informasi Keuangan Daerah, dan Informasi Pemerintahan Daerah lainnya. Sehingga diharapkan mampu meningkatkan kapasitas, kompetensi, profesionalitas sebagai aparatur pengelolaan keuangan daerah dalam menjalankan peran dan fungsinya. Agar kinerja pengelolaan dan penatausahaan keuangan daerah senantiasa konsisten dengan mengedepankan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik sesuai ketentuan.

Ikut hadir sebagai narasumber Ketua Tim SIPD Kemendagri Sidik Joko Gagat Sidi Wahono.(zakaria)

Latest from Same Tags