20 April 2024

/

Rumuskan Isu Strategis, RPJMD Tomohon Hebat Digenjot

4 mins read
Caroll Senduk dalam kegiatan konsultasi publik RPJMD

TOMOHON – Proses perampungan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD) 2021-2026 digenjot. Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon memaksimalkan konsultasi publik guna merumuskan isu strategis memperkuat rancangan arah pembangunan Tomohon Hebat ke depan.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Tomohon Caroll Senduk menuturkan tahapan awal sudah dilakasanakan yaitu penyusunan  dokumen  rancangan teknokratik RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 yang merupakan dokumen perencanaan lima tahunan yang disiapkan oleh pemerintah dengan sepenuhnya menggunakan pendekatan teknokratik sebelum terpilihnya kepala daerah dan wakil kepala daerah.

“Setiap perencanaan pembangunan harus dilakukan dengan menggunakan metode dan kerangka berpikir ilmiah, sehingga dapat tepat sasaran serta tujuan.  Selanjutnya, tahapan yang kita laksanakan saat ini yaitu forum konsultasi publik dimana merupakan momen yang sangat strategis bagi kita untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis serta untuk mendapatkan masukan dan saran guna menyempurnakan rancangan awal RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026,” jelas Senduk Kamis(25/3) bertempat di Aula Lantai III Mal Pelayanan Publik Tomohon.

Walikota Tomohon Caroll Senduk saat membawakan sambutan

Walikota yang hadir didampingi Ketua TP PKK drg Jeand’Arc Senduk – Karundeng juga Sekretaris Daerah Jemmy Ringkuangan, mengatakan kemajuan pembangunan di kota tomohon ini merupakan hasil sinergitas yang baik, antara pemerintah, DPRD dan seluruh elemen masyarakat Tomohon.

“Situasi pandemi mengakibatkan banyak sektor terlebih ekonomi mengalami guncangan, untuk itu dalam tahapan penyusunan dokumen RPJMD ini tentu seluruh perangkat daerah harus turut berkontribusi memberikan evaluasi kinerja daerah berdasarkan data-data sesuai dengan tanggung jawab, tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah, serta memperhatikan juga berbagai keberhasilan dan penghargaan yang diterima Pemkot Tomohon di berbagai aspek baik di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertanian & perikanan, bidang perencanaan dan pelayanan publik,” urainya.

Walikota berharap dalam konsultasi publik ini para kepala perangkat daerah dan jajarannya dapat berperan secara optimal dalam mengawal program dan kegiatan strategis sebagaimana tertuang dalam visi dan misi dan RPJMD Kota Tomohon 2021-2026.

“Sehingga menghasilkan output dan outcomes kegiatan pembangunan yang lebih baik dan memberikan kontribusi terhadap pemenuhan indikator kinerja utama (IKU) dan indikator kinerja daerah (IKD),” harap Senduk.

Sosok yang dikenal humanis ini juga mengapresiasi positif dengan adanya forum ini, dimana melibatkan masyarakat dalam proses perencanaan daerah.

“Melalui momen ini juga merupakan  wahana bagi elemen masyarakat, stakeholder dan pemangku kepentingan lainnya untuk memberikan kontribusi yang efektif pada setiap kesempatan perencanaan yang partisipatif, sehingga kami harapkan kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk dapat mengkaji ulang dan mengevaluasi hasil-hasil proses perencanaan yang telah disusun oleh Pemkot Tomohon, dan penyusunan dokumen RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 tentunya harus mengacu pada visi Tomohono Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera,” tukasnya.

Pemerintah Kota Tomohon mengadakan konsultasi publik RPJMD 2021-2026

Kegiatan ini diawali laporan Kepala Bapelitbangda Drs. Daniel Pontonuwu yang mengatakan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk memperoleh masukan penyempurnaan rancangan awal RPJMD. Dihadiri Kepala BAPPEDA Prov Sulut diwakili oleh Kabid Monev Bpk. DR. Adiarto Utia, M.Si, para anggota DPRD Tomohon yang hadir secara virtual, para tim ahli RPJMD Tomohon 2021-2026, seluruh stakeholder serta jajaran Pemkot Tomohon.

Latest from Same Tags