14 April 2024

/

Vaksinasi Lansia di Sulut Tahap Dua Tuntas

3 mins read
Para peserta antusias mengikuti vaksinasi lansia di Sulut

MANADO –  Seakan membuktikan tidak ada rasa takut akan jarum suntik, ribuan warga lanjut usia (lansia) di Sulawesi Utara kembali menerima vaksin Covid-19. Dari 1800 an peserta vaksinasi lansia di Sulut yang dihadiri langsung Menteri Kesehatan Budi Gunadi saat tahap pertama, sebagian besarnya menerima suntikan kedua. Buah kolaborasi RSUP Prof Kandou bersama Universitas Sam Ratulangi(Unsrat), meminimalisir penyebaran Covid-19 dengan kembali memberikan vaksin jenis sinovac, pada Sabtu(3/4) bertempat di Auditorium Unsrat, dengan penerapan protokol kesehatan ketat. 

Direktur Utama RSUP Prof Kandou melalui Direktur SDM Pendidikan dan Umum Dr dr Ivonne Elisabeth Rotty MKes menyatakan penghargaan yang tinggi atas antusiasme peserta vaksin Covid-19 massal usia di atas 60 tahun.

“Dari total 1.879 peserta lansia yang sudah menerima dosis pertama, sebagian besar telah ikut tahapan untuk menerima dosis ke-2 vaksin sinovac,” ujar Dokter Ivonne, saat diwawancarai awak media di lokasi vaksinasi massal tersebut.

Proses skrining vaksinasi lansia di Sulut menerapkan protokol kesehatan ketat

Lanjut dr Rotty, RSUP Prof Kandou memberlakukan prosedur ketat protokol kesehatan pada vaksinasi lansia di Sulut tahap dua.

“Para peserta telah dihubungi beberapa hari sebelumnya supaya datang sesuai jam yang dijadwalkan. Dimaksudkan agar sejak registrasi, skrining, vaksinasi, maupun observasi, tidak terjadi kerumunan di lokasi vaksinasi massal ini,” tambahnya.

Atas nama Dirut dan dewan direksi RSUP Prof Kandou, Dokter Ivonne juga berterima kasih kepada Rektor Unsrat yang telah memfasilitasi lokasi vaksinasi massal. Sehingga para peserta tetap aman dan nyaman berada di lokasi ini.

“Apresiasi juga diberikan kepada seluruh tim vaksinasi massal RSUP Prof Kandou yang bekerja maksimal. Sehingga semua tahapan dapat berjalan lancar,” pungkas Dokter Ivonne.

Baca Juga : Ratusan Lansia di Manado Divaksinasi, Menkes Mengaku Terharu

Sementara itu, beberapa peserta vaksinasi lansia di Sulut nampak bahagia karena sudah bisa menyelesaikan penyuntikan. Jein Lontaan diantaranya lansia asal  Mapanget ini menyebut tidak pernah takut untuk divaksin.

“Kalau rasa takut tidak ada, bahkan setelah selesai disuntik dosis yang kedua. Terima kasih pemerintah termasuk RSUP Prof Kandou yang sudah menyediakan vaksin bagi kami kaum lanjut usia,” sebut oma berusia 61 tahun ini sembari menambahkan selama menerima vaksin Covid-19 tidak merasakan gejala berarti, melainkan dirinya tetap beraktivitas seperti biasa.

Senada disampaikan seorang pria lanjut usia asal Kota Tomohon ini mengatakan, bersyukur telah menerima vaksin dosis ke-2. “Saya yakin dan percaya, vaksin ini mampu memberi imunitas tubuh dari Covid-19,” kata opa Viany yang mengaku berusia 62 tahun ini. (zakaria)

Latest from Same Tags