20 May 2024

Proposal PEN Tomohon Rp 300 Miliar Diserahkan ke PT SMI

2 mins read
Walikota menyerahkan Proposal PEN Tomohon kepada PT SMI di Jakarta. (foto ist)

JAKARTA – Walikota Tomohon Caroll Senduk SH menyerahkan proposal Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) senilai Rp 300 Miliar kepada PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur) di Jakarta, Selasa (13/4/2021). Hal itu dilakukan usai menyerahkan langsung proposal usulan pinjaman daerah PEN ke Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

“Kiranya pinjaman Dana PEN ini dapat direalisasikan dalam rangka menunjang program prioritas dan visi misi CS-WL yang kesemuanya untuk kesejahteraan masyarakat Tomohon. Jika program ini terealisasi tentunya kepada pelaksana diminta melaksanakan dengan baik dan benar agar supaya hasilnya benar-benar bisa dinikmati masyarakat umum lebih khusus untuk masyarakat kota Tomohon,” harap Senduk.

Sementara itu Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Tomohon Gerardus Mogi yang turut mendampingi Walikota mengatakan bahwa untuk proposal PEN yang diajukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon adalah senilai Rp 300 miliar.

Dan Apabila Proposal PEN Tomohon ini disetujui, rencananya untuk membiayai program-program strategis dari pemerintahan Tomohon Hebat dibawah kepemipinan Senduk dan Wakil Walikota Wenny Lumentut. Diantaranya air bersih (SPAM), IPAL, jalan dan jembatan, pasar, destinasi pariwisata serta pengembangan RSUD.

Ditambahkan Mogi, bahwa pihak PT SMI melalui Kepala Divisi Pembiayaan PT SMI, Erdian berharap sesudah diterimanya proposal ini, ada beberapa dokumen yang harus segera dilengkapi agar secepatnya dapat disetujui oleh PT SMI.

“Untuk itu, akan degera dibentuk tim teknis antara PT SMI dan Pemkot Tomohon agar tim ini dapat melengkapi persyaratan yang diminta dengan pendampingan dari PT SM,” tukasnya.

Dalam penyerahan proposan PEN, Senduk diterima langsung Erdian Dharmaputra selaku Head of Municipal Financing Division PT SMI. Dan juga ikut secara virtual Joan Tampubolon sebagai PIC PEN PT SMI untuk Kota Tomohon dibantu oleh Andi Bikar.

“PT SMI berkomitmen akan membantu Pemkot Tomohon selain Pinjaman dana juga dukungan serta pendampingan teknis dan administrasi dalam pelaksanaan kegiatan. Kami telah menerima proposal usulan Pinjaman PEN dari Pemerintah Kota Tomohon. Selanjutnya akan dikaji dan secara teknis, tentunya berkoordinasi dengan Pemkot Tomohon dalam pelaksanaannya apabila sudah ada persetujuan pinjaman PEN,” urai Dharmaputra.

Selain didampingi Mogi, Senduk juga turut disampingi Kabag Prokopim Christo Kalumata SSTP serta Kabid Perbendaharaan BPKPD Dani Liuw.(zakaria)

Latest from Same Tags