Jaga dan Lestarikan Bumi Lewat Aksi Bersih Pantai

2 mins read
Aksi bersih pantai Firdaus Kema sebagai bentuk kepedulian untuk jaga dan lestarikan bumi.

MINUT – Sebagai wujud nyata untuk  jaga dan lestarikan bumi ini, maka Kelompok Pecinta Alam (KPA)  Arenga Pinnata Sulut dan Kelompok Petualang Alam Bebas (KPAB) Formicidae melaksanakan aksi bersih pantai. Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bumi atau Earth Day ini dilaksanakan di Pantai Firdaus, Kema, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (22/4/2021).

Dimana Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali makluk hidup, didalamnya adalah manusia.

Sehingga kelompok yang sebagian besar anak muda ini merasa sebagai manusia harus ada kesadaran terhadap lingkungan sekitar. Terlebih pula jaga dan lestarikan Bumi ini.

Banyak sampah yang diangkat dalam aksi bersih pantai

Apalagi mereka melihat jika masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan di lingkungan sekitar. Walau dalam menjaga kebersihan yang dimulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga sudah cukup baik. Tetapi tak sedikit orang yang mengabaikan kebersihan dalam lingkungan masyarakat.

Akibat kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan terhadap lingkungan, maka hal itu menimbulkan bencana lebih besar. Seperti bencana banjir terjadi bukan saja hanya disebabkan karena adanya hujan lebat.

Tetapi karena kurang sadarnya masyarakat dalam menjaga lingkungan sehingga sering membuang sampah sembaranga, atau tidak pada tempatnya. Hal itu pun mengakibatkan tidak lancarnya aliran sungai, sehingga volume air meluap ke pemukiman warga sekitar.

Oleh sebab itu mereka menyadari betapa sangat pentingnya bagi setiap masyarakat dalam menumbuhkan kesadaran menjaga kebersihan. Tidak hanya kebersihan diri sendiri dan keluarga, tapi sangat penting pula adalah di lingkungan masyarakat sekitar.

Sejumlah orang muda yang peduli dengan jaga dan lestarikan bumi lewat aksi bersih pantai

“Inilah wujud aksi nyata kita untuk peduli lingkungan, yakni mulai dari hal kecil  hingga ke yang besar. Jangan lihat besar atau kecil, tapi mari buat perubahan untuk bumi kita, bukan hanya satu hari namun selamanya,” kata Juan Rumisi Ketua KPAB Formicidae .

Kegiatan ini didukung penuh Pemerintah Desa Kema II serta diikuti  oleh beberapa organisasi seperti Kakewa Adventure Team, Torang Kawiley Tleh, Pakasa, MPA Marabunta, KPA Hijau Bebas, Matuari Outdoor serta Masyarakt sekitar pesisir pantai. (kelly)

Baca juga: Pecinta Alam Peduli Korban Bencana Alam Manado

Latest from Same Tags