14 June 2024

Spirit Pro Familia, Ecclesia et Patria KBK YGYB Manado

3 mins read
Sejumlah pengurus KBK YGYB Rike Manado usai melakukan penyusunan program kerja.

MANADO – Momen terbaik itu tampak lewat kegiatan yang bertajuk Rapat Penyusunan Pengurus Kaum Bapak Katolik (KBK) Paroki Yesus Gembala Yang Baik (YGYB) Manado periode 2021-2024.  Dalam penyusunan pengurus ini, hal terpenting yang diangkat adalah semangat Pro Familia Ecclesia et Patria (untuk keluarga gereja dan tanah air).

Ketua KBK Paroki YGYB Manado Mayor Vence Mamarodia dalam sambutan awal membuka kegiatan memberi catatan penting tentang tugas penting Kaum Bapak Katolik dalam memimpin keluarga, untuk terlibat dalam keluarga, gereja dan tanah air.

Baca juga: Kisah Micky Kojongian, Anak Titip Jadi Pastor

‘”Dengan spirit pro familia ecclesia et patria, kaum bapak katolik bisa terus menuntun keluarga, untuk terlibat aktif dalam setiap kegiatan dalam gereja dan tanah air. Bapak menjadi kepala keluarga, tetapi juga bisa menjadi pemimpin keluarganya untuk terlibat aktif dalam gereja dan masyarakat. Jika kita melihat fakta yang ada, semangat kaum bapak katolik di paroki ini, terus mengalami kemajuan,” jelas Mamarodia, Selasa (27/4/2021).

Semua kaum bapak katolik di paroki mayoritas terlibat dalam setiap kegiatan, maka dari kesuksesan dan kemajuan ini, diharapkan ke depannya dalam periode selanjutnya, keberhasilan ini terus dipertahankan dan ditingkatkan, demi semakin banyaknya domba-domba diselamatkan, belajar dari teladan Yesus Kristus sang pemimpin sejati.

“Merinci dari spirit pro familia ecclesia et patria, kita tentu belajar hal yang tidaklah gampang, jika kita melihat sejarah singkat tentang semboyan ini yang dicetuskan oleh Mgr Soegijapranata yang diartikan sebagai Demi Gereja dan Tanah Air. Semboyan ini lalu dilengkapi dengan kata Familia, sebagai tempat paling pertama sebuah seseorang hidup dan berkembang, yakni keluarga,” urai pria yang juga bertugas di Kodim 1309 Manado ini.

Secara sederhana semboyan tersebut begitu fundamental dan sangat menggugah hati siapapun umat gereja Katolik.

Baca juga: Uskup Untu Berkati Arca dan Gua Maria di Gereja Trinitas Paslaten Tomohon

“Demikian pun Kaum Bapak Katolik, dari spirit itu, tentu kita belajar untuk memberi diri bagi keluarga, gereja dan tanah air, maka dengan semangat pro familia ecclesia et patria, semoga kaum bapak katolik terus berperan aktif dan tugas dan tanggung jawab dalam keluarga, untuk memajukan gereja dan mengisi karya bagi masyarakat. Menjadi teladan seturut Teladan Yesus Kristus sang pemimpin sejati, kiranya kaum bapak bisa menjadi panutan dalam tugas dan karya,” harapnya.

Adapun kegiatan ini pada akhirnya telah menyusun kepengurusan periode yang akan berjalan dan remcananya akan dilantik, Minggu (9/5/2021). (wam)