10 December 2023

/

Tak Ada Takbir Keliling, Sholat Id Tiga Masjid di Tomohon Siap Penuhi Prokes

2 mins read
Mmalam takbiran di masjid Al Mujahidin Tomohon (foto : kanalmetro.com)
Dijaga aparat gabungan takbiran hanya berpusat di dalam masjid

TOMOHON – Dalam perayaan Idul Fitri 1442 H, Kamis (13/5/2021), umat Muslim di Tomohon akan menjalankan Sholat Id pada tiga Mesjid yang ada di Kota Religius ini. Bahkan hal itu akan dilaksanakan dengan memenuhi Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat sesuai anjuran pemerintah, mengingat kini masih dalam masa pandemi Covid-19. Bahkan dalam malam takbiran, Rabu (12/5/2021), tak ada yang melakukan takbir keliling.

Tiga Masjid di Kota Tomohon yang akan melaksanakan Sholat Id itu yakni Al-Mujahidin, At-Taqwa dan Nurul Iman Kampung Jawa, Kecamatan Tomohoon Selatan. Pada ketiga Masjid itupun terlihat tidak ada takbir keliling, melainkan hanya dilaksanakan di dalam Massjid.

Baca juga: Bantu Umat Muslim Tomohon Lewat Pasar Murah di Kamja

Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Tomohon Djandin Paputungan mengatakan kepastian itu sesuai informasi didapatkan pihaknya dari pengurus BTM ketiga Masjid tersebut yang akan melaksanakan sholat Id.

“Hanya saja teknis pelaksanaan secara teknis diatur oleh pengurus BTM/ panitia, kami hanya mensosialisasikan Surat Edaran Menteri Agama nomor 07 Tahun 2021 tentang Panduan Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 H /2021 M disaat pandemi Covid-19. Inti Surat Edarah itu yakni himbauan untuk tidak melakukan takbir keliling, dan pelaksanaan sholat Id harus memenuhi protokol kesehatan dengan menerapkan menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” terang Paputungan.

Tidak ada takbir keliling, begini situasi Masjid Al- Mujahidin Tomohon jelang Idul Fitri di tengah pandemi

Adapun kapasitas yang dibolehkan adalah maksimal 50 persen dari daya tampung mesjid atau tempat untuk digunakan sholat Ied termasuk menyiapkan Thermogun atau alat pengukur suhu tubuh. Dimana hal itu akan digunakan bagi Jamaah yang hendak melakukan Sholat.

Baca juga: Jaga Tempat Ibadah, Tradisi Toleransi di Tomohon

“Terkait dengan pengaturan jarak kalau di dalam mesjid sejak pendemi Covid-19 sudah diatur antara 1 hingga 1,5 meter. Apabila panitia menggunakan pelataran halaman mesjid ataupun melaksanakan sholat Id di lapangan harus memasang tanda pengatur jarak sebagai penunjuk pembatas. Tujuannya agar Jamaah tidak berdempetan dan sesuai protokol kesehatan,” terangnya.

Sementara sesuai pantauan bahwa di Kota Tomohon memang tidak ada pelaksanaan malam takbiran keliling. Melainkan hanya nampak para aparat gabungan Polri maupun TNI dan Instansi terkait mengawal Masjid yang ada dalam menyambut hari kemenangan Idul Fitri 1442 H. (Wan)

Baca Juga : Long Weekend, Tempat Wisata Tomohon Ditutup Sementara

Latest from Same Tags