20 May 2024

Pengurus PDIP Minahasa Simulasi Penanganan Bencana Alam

2 mins read
simulasi bencana pengurus PDIP Minahasa
Peragaan evaukasi korban bencana alam dalam simulasi oleh pengurus PDIP Minahasa

KANALMETRO, Minahasa – Sejumlah pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Minahasa diajarkan bagaimana soal penganangan bencana alam.

Dimana hal itu dilaksanakan dalam bentuk simulasi di lapangan Sam Ratulangi Tondano, Rabu (26/5/2021).

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Minahasa jika kegiatan itu dilaksanakan guna menindaklanjuti intruksi dari Ketua Umum Megawati Soekarno Putri.

Instruksinya adalah seluruh pengurus PDIP dari berbagai tingkatkan harus melibatkan diri dengan program pemerintah terlebih terkait bencana alam.

Salah satu adegan dalam simulasi (foto: kanalmetro)

“Seluruh pengurus partai maupun kader diminta untuk melibatkan diri menjadi relawan dalam kegiatan sifatnya bencana alam. Tentu orientasinya adalah membantu masyarakat yang tertimpa bencana alam,” kata Dondokambey menyampaikan instruksi Megawati.

Sehingga dikatakannya jika simulasi itu dilakukan agar pengurus maupun kader PDIP di Minahasa lebih memahami soal bagaimana melakukan langkah – langkah dalam penganggulangan bencana alam.

Karena hal itu merupakan salah upaya dalam mengambil bagian pada kegiatan pemerintah selaku Pembina Partai Politik yang tentunya menginginkan Parpol melakukan hal-hal positif untuk masyarakat, lebih khusus di Minahasa.

“Memang saat ini tidak melibatkan semua pengurus maupun kader hingga tingkatan ranting karena mengingat sekarang masih dalam situasi Pandemi Covid-19 yang ada pembatasannya,” kata Dondokambey yang juga Wakil Bupati Minahasa.

Sementara dalam simulasi itu juga diikuti beberapa instansi terkait di lingkungan Pemkab Minahasa seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran dan Dinas Kesehatan.

Hal itu guna mengajarkan bagaimana caranya ketika terlibat dalam situasi bencana alam.

Peserta Simulasi Bencana Alam PDIP Minahasa (foto: kanalmetro)

Sehingga simulasi kali ini diajarkan soal bagaimana menangani dan mengatasi warga yang mengungsi karena terjadi bencana alam.

Diandaikan di wilayah Tondano sedang terjadi bencana alam dan tim relawan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP Minahasa mendapat informasi akan hal itu.

Sehingga Baguna PDIP Minahasa ikut datang ke lokasi untuk membantu proses evakuasi warga yang tertimpa bencana alam berdasarkan perintah ketua DPC.

Baca juga: Pemkab Minahasa Apel Siaga Bencana

Latest from Same Tags