20 May 2024

Kukuhkan Tujuh Poktan di Tomohon, Lumentut: Utamakan Kepentingan Bersama, Bukan Orang Tertentu

2 mins read
Koptan Tomohon
Lumentut menyaksikan penandatangan dokumen pengukuhan Koptan di Tomohon.

KANALMETRO, TOMOHON – Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut mengukuhkan sejumlah kelompok tani (Poktan), Kamis (3/6/2021) di Cartenz Hill Wawo, Kelurahan Matani Dua, Kecamatan Tomohon Tengah.

Sejumlah Poktan yang dikukuhkan itu yakni Makasiow, Poktan Sevent day, Kelompok Wanita tani Wewene Victory , Kelompok Wanita Tani Barito, Kelompok Wanita Tani Brokoli, Kelompok Wanita Tani Pokcai dan Kelompok Wanita Tani Sawi.

Lumentut dalam sambutannya mengatakan jika Poktan harus mempunyai semangat gotong royong.

“Utamakan kepentingan kelompok, bukan satu atau dua dan bahkan orang tertentu saja,” tegas Lumentut.

Dikatakannya juga bahwa pertanian merupakan sektor unggulan yang mendukung perdagangan dan industri serta kepariwisataan di dalam maupun luar daerah.

Apalagi menurut Lumentut jika hal tersebut sesuai dengan visi yaitu Tomohon Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera.

Lumentut menyerahkan dokumen pengukuhan kepada sejumlah Poktan di Tomohon

Termasuk misi dirinya bersama Walikota Tomohon Caroll Senduk, yakni memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Saya sangat merasa bangga karena pada hari ini Poktan yang dikukuhkan kebanyakan beranggotakan wanita. Ternyata bukan hanya laki-laki saja yang menjadi tulang punggung keluarga. tetapi wanita juga bisa melakukan hal itu,” tambah Lumentut yang didampingi Wakil Ketua TP PKK Eleonora Sangi.

Baca juga: Senduk: Pertanian Tomohon Andalan Perekonomian Sulut

Sementara Ketua TP PKK Tomohon Jeand’arc Senduk – Karundeng yang hadir dalam pengukuhan itu turut memberikan arahan.

Istri Walikota Tomohon ini mengajak kepada seluruh Poktan untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk dapat ditanami berbagai jenis tanamah buah, misalkan jeruk dan sebagainya.

Karena menurutnya hal itu selain membuat pekarangan rumah menjadi indah, namun pula bisa memberikan nilai ekonomis bagi keluarga.

“Banyak selamat atas pengukuhan ini. Kiranya Poktan yang telah dikukuhkan harus mempunyai semangat tinggi. Jangan hanya semangat di awal-awal saja,” pungkasnya.

Nampak hadir dalam pengukuhan itu Kepala dinas Pertanian dan Perikanan Daerah Kota Tomohon Steven Waworuntu serta Lurah Matani Satu.

Baca juga: Petani Wawo Raya Dapat Bantuan Alsintan

Latest from Same Tags