20 July 2024

Petani Wawo Raya Dapat Bantuan Alsintan

2 mins read
Walikota Tomohon menguji coba Alsintan yang diserahkan kepada Petani Wawo Raya.

TOMOHON – Petani di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara yang tergabung dalam Asosiasi Petani Wawo Raya mendapat bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan). Bantuan itu diserahkan langsung Walikota Tomohon Caroll Senduk di perkebunan Wawo, Jumat (23/4/2021).  Penyerahkan dilakukan usai Senduk melantik Kelompok Tani (Poktan) Milenial di Wawo.

Senduk mengatakan pemberian bantuan itu sangat selaras dengan program unggulan dirinya bersama Wakil Walikota Wenny Lumentut dalam meningkatkan hasil-hasil produksi pertanian terlebih melalui mekanisasi alat-alat pertanian. Sehingga hal tersebut juga merupakan bentuk perhatian dan dukungan kepada petani Wawo Raya.

“Saya berharap bantuan Alsintan ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Terlebih dalam membangun ekonomi masyarakat dengan menumbuh kembangkan usaha pertanian yang berwawasan lingkungan. Serta menjadi terobosan peningkatan minat generasi muda untuk terjun dalam dalam bidang pertanian,” ujar Senduk

Walikota juga mengingatkan agar Asosiasi Petani Wawo Raya mengatur dengan baik pemanfaatan Alsintan itu. Terlebih dalam proses pinjam pakai agar bisa digunakan dengan benar serta untuk kepentingan petani.

Walikota Tomohon besama sejumlah Petani Wawo Raya usai penyerahan Alsintan.

“Saya berharap agar Asosiasi Petani Wawo Raya serta Kelompok Tani Milenial, benar-benar menjadi wadah bagi petani untuk memperoleh wawasan luas mengenai pertanian dengan penguasaan teknologi pertanian, akses pupuk dan permodalan serta pemasaran. Karena itu dalam meningkatkan pertanian maka kita diharapkan untuk tetap bekerja sama dan sama-sama bekerja bagi peningkatan perekonomian para petani dan masyarakat,” jelas sosok yang juga gemar bercocok tanam ini.

Baca juga: Menanam Buah, Cara Walikota Tomohon Mengisi Waktu di Masa Pandemi

Tidak hanya itu, Senduk juga turut mengingatkan kepada petani untuk memahami terkait penggunaan pupuk bagi tanaman masing-masing.

“Diingatkan juga kepada para penyuluh pertanian untuk memberikan edukasi kepada para petani tentang pengelolaan pupuk organik serta penggunaannya, ini juga salah satu cara pengurangan penggunaan pupuk kimia,” harapnya.

Pihaknya juga mengucapkan selamat atas dilantiknya asosiasi petani Wawo Raya dan pengukuhan kelompok tani Milenial Semoga kepengurusan ini dapat mengemban amanah mengelola dan membina asosiasi dan kelompok tani demi kesejahteraan petani di Kota Tomohon.

“Pemerintah Kota Tomohon tetap mengandalkan sektor pertanian guna menopang perekonomian nasional maupun daerah,” tukasnya.

Tampak hadir Danramil Tomohon Kapten Infanteri Djuris Sahese, jajaran pemerintah Kota Tomohon, serta para anggota asosiasi tani yang baru dilantik dan dikukuhkan. (wan)

Latest from Same Tags