29 May 2024

BNN Sulut Kampanyekan Lawan Narkoba Lewat Seni Budaya

2 mins read
Seni Budaya BNN Sulut
Atraksi tari Kabasaran di Pagelaran Seni Budaya BNN Sulut

KANALMETRO, TOMOHON – Memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulut menggelar pagelaran seni dan budaya, Sabtu (26/6/2021) di Terung Kabasaran Kolongan Tomohon.

Dimana dalam kesempatan tersebut diadakan lomba Kabasaran dan Masamper.

Melihat antusiasme peserta Pegelaran seni dan budaya BNN Sulut dalam rangka Hari Narkotika nasional, Brigjen pol.Drs Viktor Joubert Lasut menuturkan menjadi salah satu cara membuktikan budaya kita bukanlah narkoba melainkan seperti ini.

“Dalam memoeringati HANI tahun ini kami mengangkat budaya lokal untuk dibina, agar bisa tetap mempertahankan ini, karena seni dan budaya kita bukan narkoba melainkan seperti ini menunjukan kreativitas dan berupaya melestarikannya,” terang Lasut.

Diakuinya kegiatan seperti ini sudah rutin dilaksanakan.

“Kegiatan ini sering kami laksanakan dan untuk tahun ini kami laksanakan di Tomohon, adapun tujuannya untuk mengembangkan potensi pariwisata di Sulut,” jelasnya.

Dalam penutupan kegiatan, dirinya juga mengapresiasi Pemerintah Kota Tomohon yang telah bersedia menjadi tempat gelaran acara ini.

“Apresiasi kepada Pemkot Tomohon terlebih Wakil Walikota Wenny Lumentut yang telah memfasilitasi lokasi gelaran ini. Tidak sampai disitu, rencana bersama juga untuk menghadirkan kembali Kantor BNN Kota Tomohon semoga segera terwujud,” harapnya.

Wenny Lumentut mengapresiasi BNNP Sulut yang sukses menggelar kegiatan seni budaya memperingati HANI tersebut.

“Tomohon dikenal sebagai Kota Pendidikan dan Religius, dengan adanya kegiatan ini dapat mencegah dampak dari penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat terlebih anak muda. Lebih baik mereka diarahkan untuk melestarikan seni dan budaya daerah,” jelas Lumentut.

Nampak hadir dalam penutupan festival pagelaran seni dan budaya tersebut yakni Forkopimda Tomohon antara lain Ketua DPRD Djemmy Sundah, mewakili Walikota Tomohon yakni Asisten Pemerintahan dan Kesra Toar Pandeirot, unsur TNI dan Polri juga Ketua Relawan Anti Narkoba Sulut Monica Satriawan.

Di penghujung acara diadakan penyerahan hadiah bagia para pemenang lomba. Dengan hadiah 10juta untuk pemenang pertama, 7,5 juta juara kedua, 5jt rupiah juara ketiga, 2,5 juta rupiah juara ke empat.

Berikut Hasil Lomba Kawasaran BNN Tahun 2021:

1. Siouw Kentur Tomohon

2. Siouw Pasiowan Woloan

3. Sarongsong Wuaya

4. Kieek Makasiouw Kakaskasen 2

Hasil Lomba Masamper

1. Grup Masamper ST 25 Teling Manado

2. Grup Masamper Maestro Manado

3. Grup Masamper Narwastu Manado

4. Grup Masamper Smirna Malalayang

Latest from Same Tags