23 June 2024

Gandeng BKN, Pemkot Tomohon Sosialisasikan Penyusunan Anjab

1 min read
Sosialisasi Anjab Pemkot Tomohon
Sosialisasi Anjab Pemkot Tomohon.

KANALMETRO,  TOMOHON – Guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, dilaksanakan sosialisasi Pengelolaan Kelembagaan dan Analisis Jabatan (Anjab), Rabu (30/6/2021).

Kegiatan itu narasumber dari unsur BKN Regional XI Manado Zuzana Damopolii sebagai Analis Kepegawaian Penyelia.

Asisten I Setdakot Tomohon ODS Mandagi mewakiki Walikota membuka kegiatan itu mengatakan tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik saat ini semakin tinggi, namun profesionalisme yang diharapkan belum sepenuhnya terwujud.

Salah satu penyebab utamanya adalah distribusi pegawai pada suatu unit kerja atau satuan kerja belum mengacu pada kebutuhan organisasi yang sebenarnya.

Sehingga salah satu langkah awal yang penting dalam melakukan reformasi birokrasi adalah melaksanakan analisis jabatan dan beban kerja.

Karena tujuannya untuk menyediakan informasi jabatan sebagai dasar bagi program manajemen kepegawaian, kelembagaan, ketatalaksanaan, dan pengawasan.

Itu dalam rangka mendiagnosa organisasi pemerintah, baik pusat maupun daerah yang lebih diarahkan pada upaya penyederhanaan birokrasi, termasuk mengembangkan organisasi lebih proporsional, datar, transparan, hierarki pendek dan terdesentralisasi kewenangannya.

Sehingga diharapkan kedepan Pemkot Tomohon dapat mengefektifkan dan mengefisiensikan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik.

Latest from Same Tags