20 April 2024

Pasien Covid-19 di Sangihe Terus Bertambah, Ruangan di RSUD Liun Kendage Terisi

1 min read
Handry Pasandaran
Direktur RSUD Liun Kendage Tahuna dr Handry Pasandaran.

KANALMETRO, SANGIHE – Jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Sangihe terus bertambah. Hal itu jelas dari data pertengahan Juni ada 42 pasien positif menjadi 97 di awal Juli.

Hal ini sontak membuat pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Liun Kendage Tahuna mulai kelabakan dalam penanganan pasien Covid-19.

Bahkan beberapa ruangan terpaksa harus dialihkan untuk dipakai  menangani pasien Covid-19.

“Memang awalnya hanya ruangan Mawar yang digunakan untuk menangani kasus pasien yang terkonfirmasi positif Corona. Tapi karena setiap hari ada banyak pasien positif Covid-19 di Sangihe yang masuk untuk dirawat, sehingga ruangan tersebut kapasitasnya tak mampu menampung. Maka ada beberapa ruangan terpaksa dialihkan fungsinya,” ungkap Direktur RSUD Liun Kendage Tahuna dr Handry Pasandaran ME, Senin (5/7/2021).

Namun dikatakannya, ada yang perlu dipahami dan diketahui semua kalangan, bahwa di ruangan tersebut hanya pasien yang terkonfirmasi positif saja dan tidak bercampur dengan lainnya.

“Artinya tidak di satu ruangan yang sama dengan pasien penyakit lain dan itu aman,” jelasnya.

Baca juga: 39 Karyawan Supermarket di Tahuna Positif Covid-19

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe yang juga selaku sekertaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Rivo Pudihang menambahkan jika Pemerintah Daerah akan terus melakukan upaya dalam rangka penanganannya.

“Pemerintah daerah bersama Forkopimda dan satuan tugas barusan melakukan rapat membahas terkait penanganan penamabahan kasus Covid-19 ini. Nantinya juga akan memanggil semua Camat dan forum keagamaan untuk membahas hal itu,” pungkasnya.

Latest from Same Tags