29 March 2024

TP PKK Tomohon Dongkrak UMKM Lewat Sayembara Design Batik Khas Daerah

3 mins read
PKK Tomohon
Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Tomohon

KANALMETRO, TOMOHON –Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan yang berfungsi sebagai fasilitator, Perencana, Penggali dan Penggerak pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya program PKK.

Inovasi TP PKK di bawah komando dua wanita hebat Jeand’arc Karundeng dan Eleonora Sangi dalam menunjang program pemerintah khususnya dalam mendongkrak Usaha Mikro Kecil Menengah( UMKM) yang ada di Kota Tomohon lewat karya seni, budaya dan keindahan alam, yaikni menggelar sayembara design batik khas Tomohon.

Ketua TP PKK Tomohon drg Jeand’arc Karundeng menuturkan Tomohon merupakan salah satu daerah destinasi Pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara.

“Untuk itulah TP-PKK Kota Tomohon akan berperan serta dalam memajukan Pariwisata Kota Tomohon dengan menggelar Lomba Desain Motif Batik Tomohon, dalam rangka Hari Batik dan HUT Kemerdekaan RI ke-76,” terang Karundeng.

Lomba Desain Batik Tomohon untuk melestarikan budaya dan selain itu juga diharapkkan dengan adanya kain batik Khas Tomohon ini dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga terlebih dapat menambah pendapatan ekonomi keluarga.

“Korelasi dengan UMKM adalah dapat mengembangkan dan menumbuhkan usaha usaha baru yg lbh bervariasi utk peningkatan pendapatan. Korelasi lainnya adalah dengan terbukanya usaha UMKM baru di bidang Batik akan mengangkat produk produk UMKM lainnya dari aspek pemasaran,” lanjut istri Walikota Tomohon ini.

Adapun untuk Tema lomba design batik khas Tomohon ini yaitu Kreatifitas PKK untuk Tomohon Hebat, dengan Sub Tema Mengembangkan Kreatifitas masyarakat melalui gerakan PKK dalam bentuk Lomba Desain Batik Tomohon untuk menggali potensi kota Tomohon menuju kota Pariwisata dunia.

Terdapat beberapa Kategori Lomba yakni masyarakat yang memiliki NIK Tomohon serta setiap kelurahan wajib mengutus minimal 1 peserta

Untuk persyaratan Umum peserta sayembara Menggambarkan Kota Tomohon sebagai kota pariwisata, pendidikan, religius, dan pertanian misalnya Danau Linow, Gunung Lokon, bunga Krisan Kulo, bunga Krekleli, anggrek Phaius, kabasaran, musik bambu, bendi, dan lain-lain.

Untuk pendaftaran sekaligus pengumpulan karya dimulai 28 Juni hingga 20 Juli 2021. Selanjutnya untuk pemilihan 10 besar 21-27 Juli 2021. Pengumuman pemenang 30 Juli 2021 sedangkan untuk penyerahan hadiah dilaksanakan pada 18 Agustus 2021.

Pemenang sayembara juara pertama berhak mendapat hadiah 5 juta rupiah, pemenang kedua 3 juta rupiah, pemenang ketiga 2 juta rupiah, juara favorit pertama dan kedua memdapat uang tunai 1 juta rupiah.

Untuk kriteria penilaian amtara lain motif, kreatifitas, komposisi warna dan kesesuaian judul, sumber ide dan motif. Bagi masyarakat yang berminat mengikuti sayembara bisa mengunjungi Fan Page TP PKK Kota Tomohon.

Latest from Same Tags