20 April 2024

Musrenbang Bahas Arah Tomohon Lima Tahun Kedepan

3 mins read
Musrenbang Kota Tomohon
Walikota Caroll Senduk dalam Musrenbang Kota Tomohon.

KANALMETRO, TOMOHON – Senin (12/7/2021) dilaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) secara virtual guna membahas arah Tomohon lima tahun kedepan.

Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon tahun 2021-2026 dibuka dan dipimpin langsung Walikota Caroll Senduk di Command Center MPP Wale Kabasaran.

Walikota berharap melalui forum itu dapat menghasilkan kesepakatan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah.

“Guna mewujudkan sasaran pembangunan jangka menengah daerah, maka diperlukan kebijakan dan prioritas pembangunan yang disepakati dalam Musrenbang ini,” kata Senduk.

Sehingga hal itu dapat mewujudkan visi dan misi Walikota bersama Wakil Wakil Walikota untuk kurun waktu perencanaan pembangunan selama 5 tahun ke depan.

Termasuk untuk mendukung pencapaian visi misi pembangunan Provinsi Sulawesi Utara dan tentunya akan berkontribusi nyata di tingkat Nasional.

Selain itu, Senduk juga mengajak seluruh pihak untuk Mapalus dalam mengatasi Pandemi Covid-19.

“Kepada seluruh lembaga dan komponen masyarakat kami mengajak untuk  bersama-sama mewujudkan Kota Tomohon yang maju, berdaya saing, dan sejahtera. Meski saat ini kita sedang berada dalam kondisi yang kurang baik sebagai dampak dari pandemi Covid-19,” harap Walikota.

Sehingga dikatakannya perlu bergandengan tangan dan bersatu untuk membangun Kota Tomohon.

Diharapkannya pula agar seluruh pimpinan dan aparatur perangkat Daerah serta stakeholder untuk berpikiran terbuka, memiliki visi kedepan, terintegratif dan inovatif.

Sementara itu Wakil Walikota Wenny Lumentut menambahkan bahwa untuk mewujudkan visi dan misi hal yang paling utama adalah bekerja bersama, bahu membahu bersama seluruh elemen masyarakat Tomohon.

“Hal yang penting lainnya adalah koordinasi yang selaras dan seimbang dengan Pemprov dan pemerintah pusat menuju Tomohon maju berdaya saing dan sejahtera,” pungkas Lumentut.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Tomohon Daniel Pontonuwu mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memperoleh masukan penyempurnaan rancangan RPJMD.

Sedangkan untuk peserta kegiatan yakni unsur Perangkat Daerah Kota Tomohon, Akademisi dan perwakilan masyarakat.

Diakhir kegiatan dilakukan penandatanganan berita acara oleh Walikota, Ketua FKUB Tomohon Pdt Senduk G A Roeroe MTh mewakili tokoh agama, Kepala Dinas Kominfo Tomohon mewakili Kepala Perangkat Daerah bersama unsur terkait yang ikut serta.

Ikut menjadi narasumber mewakili Dirjen Bangda Kemendagri Direktur Perencanaan Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Nyoto Suwignyo MM.

Selanjutnya Ketua DPRD Tomohon Djemmy Sundah, Ketua PN Tondano Nova Loura Sasube, Kapolres AKBP Bambang Ashari Gatot, Perwira Penghubung Kodim 1302 Minahasa Mayor Inf Vino Onibala serta Kajari Fien Ering.

Latest from Same Tags