19 April 2024

Ganda Gandeng Kemenhub dan PT Pelni, Warga Minut Bisa Isoman Terapung

1 min read
JG di Kapal Isoman
JG saat meninjau Kapal Isoman terapung di Pelabuhan Bitung.

KANALMETRO, MINUT – Sebagai bentuk perhatian bagi warga yang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) namun tak memadai fasilitas memadai, maka Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda (JG) menggandeng Kementerian Perhubungan (Kementerian) dan PT Pelni untuk menyiapkan lokasi Isoman secara terapung.

Dimana warga Minut bisa menjalani Isoman Terapung pada Kapal Tatamailau yang akan berlabuh di Pelabuhan Bitung.

Hal itupun merupakan upaya kerjasama antara Pemkab Minut dan Pemkot Bitung terhadap warga mereka.

Guna memastikan kesiapan lokasi Isoman itu, maka Ganda dan Sekretaris Daerah Kota (Sekdakkot) Bitung Audy Pangemanan meninjau armada yang akan digunakan di Pelabuhan Bitung, Rabu (4/8/2021).

“Kiranya dengan adanya kapal terapung ini, wilayah Minut dan Bitung yang masuk PPKM level 4 dapat menekan dan mengurangi penyebaran Covid-19,” kata Ganda.

Namun dikatakannya di tempat Isoman ini memiliki tema sendiri karena disediakan juga sebagai sarana rekreasi, recovery dan training.

Ganda meninjau fasilitas pendukung di Kapal yang akan dijadikan lokasi Isoman Terapung

“Jadi bagi masyarakat yang melakukan Isoman, mereka juga diberikan tema tersebut. Intinya lokasi ini berbeda dengan isoman di rumah karena masyarakat akan diberikan sarana yang lain,” katanya.

Pangemanan menambahkan bahwa Pemkab Minut dan Pemkot Bitung akan melakukan pengaturan teknis yang lebih lanjut untuk ketersediaan berbagai fasilitas penunjang.

Direktur UAP PT Pelni Sodikin menjelaskan bahwa kapal tersebut memiliki kapasitas angkutan umum sekitar seribu lebih.

Tapi untuk warga yang akan Isoman disediakan sekitar 50 persen dari kapasitas. (drs)

Latest from Same Tags