19 April 2024

Pimpin Paripurna DPRD Tomohon, Sundah Kutip Pandangan Soekarno

2 mins read
Djemmy Sundah
Ketua DPRD Tomohon Djemmy Sundah

KANALMETRO, TOMOHON – Dalam rangka mendengarkan pidato presiden RI tentang penyampaian RUU Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2022 dan nota keuangan beserta dokumen pendukungnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon mengadakan Rapat Paripurna pada Senin (16/8/2021).

Rapat tersebut dippin langsung Ketua DPRD Tomohon Djemmy Sundah didampingi Wakil Ketua Jhony Runtuwene dan Sekretaris DPRD FF Lantang.

Sundah mengatakan paripurna itu merupakan salah satu acara dari serangkaian acara yang akan dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke 76.

“Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Tahun Anggaran 2022, disusun diatas fondasi yang telah dicapai dan perkembangan faktual dari tahun anggaran sebelumnya. Penyusunan RUU APBN merupakan wujud konkrit dari kerja bersama antara Pemerintah , DPR, dan DPD dimana pada proses pembicaraan pendahuluan dengan DPR dan DPD, pemerintah telah mendapatkan masukan – masukan  yang konstruktif dari DPR. Dengan masukan – masukan itu, pemerintah dapat menyusun RUU APBN dan dapat disampaikan dalam sidang paripurna,” jelas Sundah.

Pada kesempatan itu Sundah mengingatkan baik pihak Pemerintah Kota maupun DPRD Tomohon bahwa perbedaan – perbedaan pandangan politik yang ada dimasyarakat masih sangat terasa bahkan sampai dengan hari ini.

Sehinga dirinya mengajak kita semua untuk menanggalkan perbedaan terutama bagi pemerintah, hendaknya jadi pemersatu dan bukan pemecah.

Harus melindungi kepentingan masyarakat, mengayomi masyarakat, menjadi contoh dan teladan serta menjadi pemimpin yang melindungi.

Jangan pengambilan keputusan hanya berdasarkan emosi sesaat atau kepentingan segelintir orang, akan tetapi harus berdasarkan kajian yang matang serta didasari oleh data yang akurat.

“Seperti kata Bapak pendiri bangsa Indonesia , Presiden RI pertama Ir. Soekarno  Politik  bukanlah perebutan kekuasaan bagi partainya masing-masing, bukan persaingan untuk menonjolkan ideologinya sendiri – sendiri tetapi politik untuk menyelamatkan dan menyelesaikan revolusi Indonesia,” jelas Sundah mengutip pandangan ayah dari Megawati Soekarnoputri ini.

Tampak hadir dalam rapat paripurna ini Walikota Caroll Senduk, Wakil Walikota Wenny Lumentut, para anggota DPRD Tomohon unsur Forkompinda, TP PKK dan jajaran Pemkot.

Latest from Same Tags