29 March 2024

CSWL: Pala dan Meweteng Harus Jadi Contoh Masyarakat

3 mins read
Pala Meweteng Tomohon
CSWL ketika memberikan pembekalan bagi Pala dan Meweteng di Tomohon.

KANALMETRO, TOMOHON – Pasca diangkat oleh Walikota dan Wakil Walikota, Caroll Senduk – Wenny Lumentut (CSWL), seluruh Pala (sebutan untuk Kepala Lingkungan) serta Meweteng (Wakil Kepala Lingkungan) diminta agar dapat menjadi contoh bagi masyarakat setempat.

Hal itupun ditegaskan Walikota dalam pembekalan terhadap seluruh Pala dan Meweteng di Kota Tomohon, Rabu (18/8/2021) di Terung Kabasaran.

“Kalian merupakan ujung tombak pemerintahan, sehingga diharapkan dapat menjadi contoh ditengah-tengah masyarakat seperti tidak boleh berjudi, mabuk-mabukan dan lain sebagainya,” tegas Senduk didampingi Lumentut.

Dikatakannya juga bahwa menjadi Pala dan Meweteng bukan hanya kerja sampingan.

Karena dalam melaksanakan tugas memiliki tanggung jawab besar yang harus dilakukan sehingga kedepan akan terus dievaluasi.

“Ingat, kalian semua adalah juga seorang perangkat Kelurahan yang didalamnya ada Lurah,” kata Senduk.

Selain itu diingatkan pula agar nanti dalam menjalankan tugas harus ada koordinasi yang baik bersama instansi terkait.

Demikian halnya dengan kondisi atau keberadaan masyarakat di tiap lingkungan, harus diketahui sepenuhnya oleh pimpinan yang ada ditiap lingkungan.

Sehingga ketika ada program-program yang diperuntukan untuk masyarakat, seperti pemberian bantuan buat masyarakat pra sejahtera, dapat disalurkan secara baik dan tepat sasaran.

Termasuk masyarakat yang sampai saat ini belum melakukan rekam KTP harus segera ditindaklanjuti oleh Pala dan Meweteng setempat.

Agar nantinya kedepan masyarakat tersebut dapat menikmati setiap manfaat dari program pemerintah.

“Jika ada program pemerintah buat masyarakat, Pala dan Meweteng harus mendata siapa yang layak untuk mendapatkan program manfaat itu. Jangan pilih kasih dengan tanpa memandang warna politik, tentunya harus tepat sasaran. Begitu pula dengan pendataan bagi lansia yang layak mendapatkan bantuan.,” ungkapnya.

Senduk juga berharap agar nantinya dapat bekerja dengan baik dan hati.

“Jadilah panutan dalam masyarakat. Tak kalah pentingnya semangat dalam melaksanakan tugas serta fungsi agar terwujudnya masyarakat yang sejahtera,” pungkas Senduk.

Lumentut menambahkan bahwa berhasilnya Pemerintahan yang ada di Kota Tomohon pastinya tidak lepas dari kerja keras dari Camat, Lurah bersama Pala dan Meweteng sebagai ujung tombak pemerintahan.

Meski ditengah pandemi covid-19 saat ini, namun dirinya berharap agar tetap bersemangat dalam melaksanakan tugas.

“Jalankan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang ada,” harapnya.

Karena menurutnya, struktur Pemerintahan di Kelurahan harus berjalan dengan baik.

Terlebih harus ada koordinasi secara baik, sehingga semua program akan berjalan sesuai yang diharapkan.

“Jangan ada sifat pandang enteng kepada Camat dan Lurah meski ada kedekatan dengan Walikota atau Wakil Walikota,” tegasnya.

Sebelum pertemuan bersama CSWL, dilakukan rapid tes kepada Pala dan Meweteng yang akan mengikuti pembekalan.

Untuk kegiatan pembekalan kali ini diawali dengan pertemuan Pala dan Meweteng dari Kecamatan Tomohon Utara dan Timur.

Setelah itu dilanjutkan Kecamatan Tomohon Barat serta Tengah, dan terakhir Kecamatan Tomohon selatan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut  Assisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Tomohon Toar Pandeirot serta para Camat maupun  Lurah.

Latest from Same Tags