19 April 2024

Basarnas Manado Ajari Siswa Pramuka Soal Kebencanaan

1 min read
Basarnas Manado Latih Pramuka
Kepala Basarnas Manado menyematkan tanda peserta kepada salah satu siswa Pramuka peserta pelatihan

KANALMETRO, MINUT – Setidaknya 30 Siswa Pramuka dari Kwartir Daerah Sulawesi Utara (Sulut) diajarkan terkait kebencanaan oleh Badan SAR Nasional (Basarnas) Manado.

Kegiatan itu akan berlangsung mulai Jumat (26/11/2021) hingga Minggu (28/11/20210 di kantor Basarnas Manado.

Pelatihan itu guna memberikan bekal terkait tata cara penanganan dan pertolongan pada saat terjadi musibah atau bencana. Sehingga diharapkan para siswa tersebut dapat pengetahuan dan keterampilan akan itu.

Oleh karena itu dalam pelatihan tersebut para siswa akan diajarkan tentang melakukan pencarian dan pertolongan ketika terjadi bencana seperti cara menyelamatkan diri, penanggulangan serta evakuasi korban.

Termasuk diarahkan akan upaya pengembangan SDM penanggulangan bencana, pelestarian lingkungan hidup dengan mengembangkan prinsip dasar kepramukaan.

Sinaga selaku Kepala kantor Basarnas Manado bangga karena pihaknya diberikan kesempatan untuk mengajarkan Siswa Pramuka terkait materi dasar penanganan dan cara evakuasi korban.

Selain itu pula memberikan pembinaan sehingga nantinya sudah siap diperbantuan kinerja SAR, terlebih diaplikasikan dalam melayani masyarakat mengalami musibah atau tertimpa bencana.

“Kami tidak menutup diri, semua berhak mendapatkan materi dasar cara cara penanganan dan penanggulangan bencana atau musibah,” pungkasnya.

Latest from Same Tags