19 April 2024

FKPA Latihan Rope Access dan Vertical Rescue di Basarnas Manado

1 min read
Latihan FKPA di Basarnas Manado
Sesi latihan praktek oleh FKPA di Basarnas Manado

KANALMETRO, MINUT – Forum Komunikasi Pecinta Alam (FKPA) melakukan latihan Rope Access dan Vertical Rescue di kantor Badan Sar Nasional (Basarnas) Manado, Kamis (6/1/2022).

Rope Access merupakan teknik bekerja diketinggian dengan alat bantu utama berupa tali. Metode ini adalah modifikasi dari olahraga panjat tebing dan caving yang teknik serta peralatannya disesuaikan dengan cleaning industry.

Sedangkan Vertical Rescue merupakan pemindahan korban dari medan tinggi ke bawah, atau sebaliknya dari bawah ke tempat tinggi. Tujuannya adalah memindahkan korban ketempat yang lebih aman.

Mengingat saat ini akibat perkembangan sangat pesat sehingga membuat makin banyaknya gedung tinggi yang berada di Sulut. Sehingga perlu pekerja yang mempunyai keahlian dan kualifikasi dibidang tersebut.

Latihan yang dibawakan Rivalinno Handoko dari Industri Vertical dan Rescue (IVER) Jakarta diikuti oleh 25 peserta dari FKPA.

Dikatakan Handoki jika para peserta sangat berkompeten dibidangnya, terlebih untuk melakukan perawatan kebersihan gedung. Karena metode ini dapat meminimalisir tingkat kecelakaan kerja. Selain itu metode dapat diaplikasikan untuk berbagai keperluan pada saat evakuasi korban atau bekerja pembersihan gedung tinggi.

Kepala Basarnas Manado Suhri Sinaga mengapresiasi latihan itu yang diselenggarakan oleh FKPA. Apalagi menghadirkan Rivalinno yang juga instruktur Basarnas Sepesial Grub.

β€œIni merupakan kesempatan yang baik dalam bertukar ilmu untuk saling memahami akan hal tersebut. Terlebih berguna dalam menjalankan tugas kemanusiaan ketika ada musibah,” pungkasnya.

Latest from Same Tags