18 April 2024

/

Presiden Jokowi: Pemilu – Pilkada 2024 Sudah ada Tahapan dan Jadwal

1 min read
Presiden Jokowi Buka Puasa Pejabat Negara
Presiden Jokowi melarang para pejabat negara menggelar buka puasa bersama, (foto Sekretariat Presiden RI)

KANALMETRO.COM – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa untuk tahapan serta jadwal Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 telah ada, bahkan sudah ditetapkan.

“Tahapan dan Jadwal pelaksanaan Pemilu serta Pilkada tahun 2024 sudah ada, dimana proses pemungutan suara Pemilu akan dilaksanakan 14 Februari 2024,” tegas Presiden Jokowi dalam keterangan persnya usai rapat terbatas kabinet di Istana Negara, Minggu (10/4/2022).

Sedangkan untuk pelaksanaan Pilkada secara serentak yakni pada November 2024.

Sehingga dirinya menegaskan jika Pemerintah tidak ada upaya untuk melakukan penundaan atas pelaksanaan Pemilu dan Pilkada tahun 2024.

Oleh karena itu Presiden mengharapkan agar tidak adalagi anggapan bahwa pemerintah seolah berupaya untuk melakukan penundaan pemilu.

“Ini perlu dijelaskan, jangan sampai nanti muncul spekulasi-spekulasi yang isunya beredar di masyarakat bahwa pemerintah tengah berupaya untuk melakukan penundaan Pemilu. Termasuk spekulasi mengenai perpanjangan jabatan presiden dan juga yang berkaitan dengan soal tiga periode,” jelas Presiden.

Apalagi menurutnya untuk pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 sudah akan dimulai pada bulan Juni 2022.

Hal itu dikarenakan berdasarkan ketentuan dalam Undang – undang bahwa pelaksanaan tahapan Pemilu mulai dilaksanakan 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

Kompas

Latest from Same Tags