20 April 2024

Tomohon Raih Penghargaan Terbaik Kedua Kategori Kota Peningkatan PAD Tahun 2020 ke 2021

2 mins read
Senduk saat menerima langsung penghargaan

Wali Kota Tomohon Caroll Senduk menerima Penghargaan Terbaik Kedua Pemerintah Daerah dengan Peningkatan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) tahun 2020 ke 2021 untuk Kategori Kota dari Menteri Dalam Negeri, Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Kamis (2/6/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Pelaksanaan Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah serta Peningkatan Kualitas  Belanja Daerah dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Keuangan Daerah Tahun 2022 dengan tema Percepatan Realisasi APBD dan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri serta penganugerahan Realisasi APBD Tahun 2022. Terdapat 4 kategori penghargaan  yaitu Relaisasi Pendapatan Daerah Tertinggi, Realisasi Belanja Daerah Tertinggi, Realisasi Peningkatan PAD Tertinggi dan Program Taspen (Taspen Award), Untuk setiap kategori diberikan masing-masing kepada 5 pemerintah Provinsi, 5 Pemerintah Kabupaten dan 5 Pemerintah Kota.

Menteri Dalam Negeri RI, H. Tito Karnavian dalam sambutanya mengatakan jika uang merupakan darahnya sebuah organisasi sehingga organisasi tidak akan berjalan jika tidak ada uang, namu demikian uang yang dimiliki harus direalisasikan dengan baik dari tahap perencanaan, penyaluran dan pertanggungjawabannya sehingga organisasi bisa berjalan secara berkesinambungan dan baik.

Kota Tomohon mendapat penghargaan Terbaik Kedua Pemerintah Daerah dengan Peningkatan PAD Tertinggi Tahun 2020 ke 2021 yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, menurut data LAporan Realisasi Anggaran (LRA) tahun 2020 Rp. 37,07 Miliyar meningkat tahun 2021 Rp. 59,7 miliyar peningkatan sebesar 60%, dimana realisasi Pajak Daerah tahun 2020 Rp. 21,06 miliyar meningkat menjadi  Rp. 25,48 miliyar di tahun 2021 adanya peningkatan sebesar 20,96 %, dan Retribusi Daerah tahun 2020 diangka Rp. 7,7 miliyar terjadi peningkatan yang fantastis di tahun 2021 Rp.  29,73 miliyar dengan 282 %.

Sementara itu, usai menerima penghargaan Walikota Tomohon mengaku senang dan berterima kasih kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atas kerjasama kita semua  sehingga patut berbangga atas penghargaan ini, penghargaan ini harusnya mampu mendorong

Kita untuk dapat meningkatkan PAD di tahun -tahun selanjutnya. Terlebih saat ini dengan kondisi Pandemi COVID-19 yang sudah melandai sehingga Kondisi Ekonomi mulai membaik, sektor pariwisata kembali berangsur pulih dari efek pandemi maka PAD harusnya dapat meningkat”, ujar Walikota Tomohon.

Hadir dalam kegiatan ini, Menteri Dalam Negeri H Tito Karnavian, Direktur Jendral Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fathoni, Direktur Utama PT Taspen ANS Kosasih dan Kepala Daerah Gubernur, Kabupaten/Kota. Mendampingi Walikota Tomohon Kepala Badan Keuangan  Daerah Gerardus E Mogi, dan Kepala Bidang Akuntansi Cristofel S Manangka. (Advetorial)

Latest from Same Tags