20 April 2024

Jurnalis Tomohon Hebat Rayakan HPN, Caroll Senduk Ajak Jadi Profesional

2 mins read
Jurnalis Tomohon Hebat
Pengurus dan anggota Jurnalis Tomohon Hebat ketika ziarah di makam Simon Petrus Goni dalam rangka HPN tahun 2023, Kamis (9/2/2023). KM-Wailan

KANALMETRO, TOMOHON – Dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023, Kamis (9/2/2023), Jurnalis Tomohon Hebat merayakannya dengan melaksanakan sejumlah kegiatan.

Dimana Jurnalis Tomohon Hebat melaksanakan ziarah ke makam tokoh pers Simon Petrus Goni di Kelurahan Kakaskasen Tiga dan berkunjung ke tugu Pers Mendur bersaudara di Kawangkoan.

Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Royke Roeroe ketika pengukuhan Jurnalis Tomohon Hebat berharap lewat HPN tahun 2023 ini para kuli tintah bisa bekerja secara profesional

“Kiranya pemberitaan yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan, karena disitu profesionalitas kerja wartawan diuji. Pers harus profesional dalam menjalankan tugas jurnalistik secara benar dan bertanggung jawab,” kata Roeroe saat membacakan sambutan Caroll Senduk.

Dia juga mengatakan bahwa Pers merupakan pilar ke 4 demokrasi. Oleh karena diharapkan hal itu dapat diimplementasikan lewat pemberitaan yang berkarakter maju dan makin hebat.

“Semoga rekan-rekan wartawan di HPN tahu ini bisa berbenah melihat dengan mengintrospeksi hal-hal apa saja yang sudah dilakukan. Namun pula hal-hal apa saja yang masih mungkin kurang dilakukan untuk kemajuan bersama dan secara khusus di kota Tomohon,” tambah Roeroe.

Sementara Ketua Jurnalis Tomohon Hebat, Judie Turambi mengatakan jika tentu akan menjalankan tugas sesuai tema perayaan tahun ini. Yakni Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat.

Sehingga nantinya dalam pemberitaan bukan hanya bertanggung jawab, melainkan untuk bisa menjadi lokomotif dalam memberikan literasi bagi pembaca.

“Kita buat bebas berdasarkan fakta yang ada dengan karya Jurnalistik berupa pemberitaan sesuai kode etik. Terlebih menyajikan berita yang harus berimbang,” kata Turambi.

Dia juga mengatakan jika mereka melakukan ziarahke makam Goni karena almarhum merupakan tokoh pers yang juga berkiprah di nasional. Serta tentunya diharapkan semangat perjuangannya bisa diteladani para Jurnalis.

Lucia Habelana Goni sebagai anak almarhum mengapresiasi akan apa yang dilaksanakan oleh Jurnalis Tomohon Hebat. Apalagi Dia mengatakan jika ayahnya

sampai hari tuanya tetap menjadi seorang penulis. Sehingga sebagai upaya dalam melanjutkan semangat sang ayah, pihak keluarga membuat media online.

Sebelumnya dilaksanakan pengukuhan paguyuban wartawan di Tomohon itu di gedung Michinoeki Pakewa.

Latest from Same Tags