15 July 2024

///

Kampanye Pengurangan Sampah Plastik di KEK Likupang

1 min read
Kampanye sampah plastik KEK Likupang
Pelaku usaha pada lokasi wisata di KEK Likupang menjadi salah satu sasaran kampanye pengurangan sampah plastik, seperti di Pantai Pall Minut, Jumat (9/6/2023). KM-Rio

KANALMETRO, MINUT – Jumat (9/6/2023), Wallace Conservation Licoupang (WCL), Coral Triangel Initiative (CTI) dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Pemkab Minut) melakukan kampanye terkait pengurangan sampah plastik di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang.

Kampanye pengurangan sampah plastik di KEK Likupang itu dilaksanakan dalam rangka Coral Triangel Day atau Hari Segitiga Terumbu Karang.

“Kami tadi sudah melakukan kampanye pengurangan singel plastic use consumption (konsumsi plastik sekali pakai) dan mendapat respon baik dari masyarakat yang berjualan di sekitar lokasi wisata,” kata Ageng Afief dari WCL.

Dia mengatakan juga bahwa para pedagang siap untuk mengganti penjualan plastik sekali pakai. Namun banyaknya permintaan dari pengunjung memilih tetap menggunakan botol plastik.

“Hal ini juga dilakukan karena pengelolaan KEK Likupang berbeda dengan wisata super prioritas yang dicanangkan oleh pemerintah pusat,” jelas Dia.

Karena status yang didapatkan oleh KEK ini adalah Eco Tourism. Dimana kondisi wisata alam yang natural menjadi daya tarik dari kawasan wisata ini.

Dalam kegiatan ini juga akan diberikan sebanyak 400 botol air minum atau tumbler kepada para pedagang di seputaran Pantai Pall oleh WCL, CTI dan Pemkab Minut. Hal itu juga akan diberikan pada lokasi wisata lain secara bertahap.

Dewi Satriani hadir mewakili CTI. Sedangkan dari Pemkab Minut diwakili oleh Kepala Dinas Perdagangan, Sinperli Tapade. (Rio)

Latest from Same Tags