23 July 2024

/

Delapan KK di Sitaro Mengungsi Akibat Guguran Lava Gunung Karangetang yang Keluarkan Awan Panas

1 min read
Gunung Karangetang Awan Panas
Kondisi Gunung Karangetang ketika mengeluarkan awan panas, Senin (10/7/2023). (sumber foto: anq salindeho)

KANALMETRO, SITARO – Akibat adanya guguran laya dari Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang dan Biaro (Sitaro) yang disertai dengan mengeluarkan awan panas membuat setidaknya delapan Kepala Keluarga (KK) mengungsi, Senin (10/7/2023) pagi sekitar pukul 07.58 Wita.

Dari delapan KK yang terdiri 19 Jiwa diantaranya ada Lansia yang mengungsi akibat adanya awan panas dari Gunung Karangetang merupakan warga dari Dusun Bulo, Kecamatan Siau Timur, Sitaro.

Koordinator Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang di Kampung Salili Kecamatan Siau Tengah, Yudia Pramana Tatipang menjelaskan bahwa untuk jarak luncuran lava mencapai 2 kilometer ke arah kali Kahetang atau sektor tenggara.

Dan setelah menilik dari aktivitas gunung itu, maka pihaknya merekomendasikan untuk warga mengungsi. Terlebih yang bermukim dekat dengan kali Kahetang.

“Warga yang mengungsi telah ditempatkan di gedung Gereja GMIST Zaitun, Tampungan Kelurahan Tarorane,” kata Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen.

Dia menjelaskan bahwa pengungsian itu sebagai upaya mitigasi dini dari Pemerintah Kabupaten bagi masyarakat yang tinggal di daerah berpotensi terdampak awan panas. Dan warga pun langsung mendapat bantuan dari instansi terkait. (Fransiskus)

Latest from Same Tags