23 July 2024

Dibuka Puan Maharani, TIFF 2023 Sukses Pukau Puluhan Duta Besar

3 mins read
Pembukaan TIFF 2023 oleh Puan Maharani didampingi Gubernur dan Wagub Sulut serta Wali Kota Tomohon

Tournament Of Flower (TOF) atau Parade Kendaraan Hias menjadi salah satu sorotan utama dalam rangkaian Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2023. Parade megah ini digelar pada Sabtu, 12 Agustus 2023, dan secara resmi dibuka oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani. Pembukaan parade ditandai dengan pemukulan tambur dalam tarian kabasaran yang khas.

Rangkaian TIFF 2023, yang diselenggarakan dari tanggal 8 hingga 12 Agustus, mengusung tema “Walking Together, Rising Together.” Acara ini adalah pelaksanaan ke-11 sejak pertama kali diadakan pada tahun 2008 dan telah menjadi bagian tetap dalam kalender event nasional.

Bersama para Duta Besar yang hadir di TIFF 2023

Parade TOF dimulai dari hanggar yang terletak di Show Window dan berakhir di Stadion Babe Palar Kota Tomohon. Acara ini dihadiri oleh para duta besar dan perwakilan dari negara sahabat, pejabat kementerian dan lembaga dari pusat dan daerah, serta sejumlah kepala daerah di Indonesia. Para pemimpin agama dan masyarakat ikut memberikan dukungan.

Ketua Panitia TIFF 2023, yaitu Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Utara, Ir. Ny Rita M. Dondokambey-Tamuntuan, dalam sambutannya menyatakan bahwa acara ini bukan sekadar parade kendaraan hias, melainkan juga panggung kebudayaan dan promosi pariwisata Kota Tomohon. Dia mengajak semua orang untuk menikmati TIFF 2023 dan melibatkan diri dalam momen kebangkitan industri pariwisata Indonesia.

Puan Maharani bersama Gubernur dan Wagub Sulut serta sejumlah kepala daerah usai menyaksikan TIFF 2023

Walikota Pasadena, California, Victor Gordo, yang juga turut hadir, menyampaikan dukungan dan harapannya untuk keberhasilan TIFF 2023. Dia merasa bangga dapat berjalan bersama dan bergabung dengan Kota Tomohon dalam momen ini.

Walikota Tomohon, Caroll Senduk, menekankan bahwa gelaran TIFF 2023 melibatkan potensi masyarakat Tomohon, terutama dalam TOF, di mana semua bunga yang digunakan dalam kendaraan hias berasal dari petani bunga lokal. Hal ini memberikan dampak positif pada perekonomian masyarakat setempat, dengan penyerapan tenaga kerja dan penggunaan hasil pertanian bunga. Walikota berharap bahwa TIFF 2023 akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Tomohon, baik selama maupun setelah acara berlangsung.

Float peserta TIFF 2023
Float peserta TIFF 2023

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, mengucapkan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak, termasuk para duta besar yang berkunjung ke Sulawesi Utara, khususnya Kota Tomohon. Masyarakat Tomohon dinilai telah menjaga keharmonisan dalam berbagai aspek kehidupan, sehingga mendapat perhatian sebagai Kota Toleran dalam konteks berbangsa dan bernegara.

Ketua DPR RI, Puan Maharani, menyatakan bahwa Festival Bunga Tomohon bukan sekadar pameran bunga, tetapi juga mencerminkan keberagaman, keindahan, dan kekayaan alam Indonesia. Dia mendorong Kota Tomohon untuk terus memanfaatkan potensi pariwisata dalam menyambut wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Puan Maharani berharap festival ini akan memperkuat citra Kota Tomohon sebagai kota yang kuat, hebat, harmonis, dan memberikan kesejahteraan bagi warganya. (advetorial)

Latest from Same Tags