23 June 2024

Berbagai Lomba Sambut Hari Kemerdekaan RI 78 dan HUT 15 Kelurahaan Walian Satu

2 mins read
Wandi Wewengkang (foto: dok pribadi)

KANALMETRO, TOMOHON – Memaknai Hari Kemerdekaan RI ke 78 serta HUT ke 15 Kelurahan Walian Satu, Kecamatan Tomohon Selatan, 29 Agustus 2023 akan diadakan sejumlah lomba.

Dimana berbagai lomba yang bakal diadakan akan dibuka dengan Jalan Sehat, Sabtu (19/8/2023) 06.00 Wita serta senam bersama, Podcast Suara Walian dan Ngopi Bareng.

“Puncak kegiatan pada 2 September 2023,” kata Wandi Wewengkang selaku Ketua panitia pelaksana.

Sejumlah lomba yang akan digelar yakni Open Tournament Catur Walikota Cup, Sabtu – Minggu (19-20/8/2023) terbuka untuk umum kategori perorangan dan beregu dengan total hadiah Rp 5 Juta. Racing Ban Motor, Minggu (27/8/2023) yang terbuka untuk umum.

Sedangkan kegiatan lainnya adalah lomba voli campuran antar Lingkungan. Lomba bakiak antar lingkungan laki-laki dan perempuan dewasa. Lomba makan kerupuk anak dan Lansia. Lomba lari karung anak, pemuda dan orang tua. Lomba Palakat Bahasa Tombulu kelompok umur SD. Serta lomba mengatur makanan tradisional diatas daun antar lingkungan.

Sementara Lurah Walian Satu, Manuel Aray mengatakan bahwa nilai-nilai budaya warisan orang tua pada masa lampau senantiasa dijadikan pandangan hidup oleh masyarakat setempat yang kaya akan nilai-nilai filosofis untuk kehidupan sosial.

“Mempertahanakan nilai tersebut bukan tanpa alasan, karena pada masa lampau Pemimpin Minahasa terdiri dari dua golongan yakni Walian dan Tona’as. Walian mempunyai asal kata ‘Wali’ yang artinya mengantar jalan bersama dan memberi perlindungan. Walian merupakan golongan yang mengatur upacara agama asli Minahasa hingga disebut golongan Pendeta,” jelas Aray.

Hal inilah yang terus mendorong Pemerintah dan Masyarakat Walian Satu untuk tetap melestarikan budaya sehingga urusan-urusan kepemerintahan dapat berjalan dengan semangat kebudayaan.

Diharapkan komitmen baru dalam mengakselerasikan pembangunan melalui peran dan tanggung jawab segenap komponen masayarakat dalam mensejahterakan, mendekatkan diri dan bekerjasama dengan masyarakat melalui pelayanan yang berkualitas dan menyentuh seluruh aspek kebutuhan dan kepentingan masyarakat, dapat berjalan dengan baik di Walian Satu.

Selain itu Dia berharap melalui berbagai kegiatan itu dapat meningkatkan kualitas moral dan kerja pelayanan pemerintah. Sehingga sinergitas kerja bukan hanya tergantung pada pemerintah, tapi lebih daripada itu.

Latest from Same Tags