23 July 2024

Kelurahan Kakaskasen Dua Tomohon Peringkat Lima ADWI 2023

1 min read
Kakaskasen Dua
Kepala Dinas Pariwisata Tomohon dan jajaran bersama Lurah Kakaskasen Dua usai meraih peringkat lima dalam ADWI 2023, Minggu (27/8/2023). (foto: pemkot tomohon)

KANALMETRO, TOMOHON – Dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023, Kelurahan Kakaskasen Dua, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon meraih peringkat kelima.

Raihan peringkat itu diperoleh Kelurahan Kakaskasen Dua di ADWI 2023 dalam kategori Kelembagaan dan Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE).

Prestasi itu disampaikan saat malam puncak ADWI 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Minggu (27/8/2023) di Gedung Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

“Ini sebagai bentuk keseriusan dan sinergitas nyata antara Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemkot Tomohon dibawah kepemimpinan Olly Dondokambey – Steven Kandouw dan Caroll Senduk – Wenny Lumentut dalam mendorong sektor pariwisata untuk semakin mendunia,” kata Kepala Dinas Pariwisata Tomohon, Yudhistira Siwu.

Dia mengatakan juga bahwa perolehan prestasi itu dalam kategori tersebut menjadi tantangan tersendiri karena menilai sejauh mana partisipasi masyarakat dalam pengembangan Kampung Wisata.

β€œIni menjadi kebanggaan bagi warga Kota Tomohon, karena Kelurahan Kakaskasen Dua menjadi satu-satunya perwakilan dari Provinsi Sulawesi Utara dalam kompetisi itu,” tambah Dia.

Karena dalam program tersebut, sebanyak 4.573 Desa/Kelurahan telah dinilai oleh juri independent. Dan Kelurahan Kakaskasen Dua berhasil meraih posisi di 75 besar. Kemudian masuk dalam peringkat lima terbaik ADWI 2023.

Sementara dalam penyerahan penghargaan itu, Siwu ikut didampingi Wakil Ketua TIFF 2023 Vonny Pangemanan, Lurah Kakasaksen Dua Meidi Simboh dan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat.

Latest from Same Tags