23 July 2024

12 Fasilitator Desa/Kelurahan di Wilayah 3 Sulut Dibekali Pelatihan Penguatan Ketangguhan Masyarakat

2 mins read
Foto bersama usai pelatihan

KANALMETRO, MANADO – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  melalui PT Prismaita Cipta Kreasi melaksanakan pelatihan fasilitator Desa/Kelurahan Tangguh bencana pada Proyek prakarsa ketahanan bencana Indonesia Disaster Resilience Initiatives Project (IDRIP) wilayah-3 Di Sulawesi Utara (Sulut).

Kegiatan pelatihan Fasilitator Desa/kelurahgan dilaksanakan 4 hingga 12 September 2023 di Swiss-Belhotel Maleosan Kota Manado dengan melibatkan BNPB, Fasilitator Nasional, RMC 3 serta Fasilitator Kabupaten Minahasa Utara dan Fasilitator Kota Bitung selaku Narasumber dan Pemateri.

Adapun peserta pelatihan ini terdiri dari 12 orang fasilitator kelurahan Wangurer, Pakadoodan, Kadoodan, Bitung Barat Satu, Aertembaga, Pateten Satu kota Bitung dan 12 orang fasilitator Desa Likupang II, Likupang Kampung Ambon, Maen, Kinabuhutan, Gangga satu dan Tambun Kabupaten Minahasa Utara yang masuk dalam intervensi Program IDRIP.

Kegiatan Pelatihan Fasilitator Desa/Kelurahan oleh Fasilitator Kabupaten/Kota pada program Fasilitasi Penguatan Ketangguhan Masyarakat (IDRIP) Wilayah-3 dimaksudkan untuk meningkatkan   kapasitas Fasilitator Desa/Kelurahan dalam proses tahapan kegiatan Fasilitasi Ketangguhan masyarakat terhadap bencana.

Sementara tujuan yang ingin dicapai para peserta dapat memahami tentang konsep, tujuan, target pelaksanaan dan kemampuan teknik saat memfasilitasi pelaksanaan pendampingan penguatan ketangguhan masyarakat. Selain itu hasil yang diharapkan dalam proses kegiatan pelatihan ini, fasilitator mampu melaksanakan setiap proses tahapan kegiatan di Desa/Kelurahan serta dapat melakukan transfer ilmu pengetahun kepada masyarakat terkait pengurangan risiko bencana melaui program fasilitasi Penguatan ketangguhan masyarakat (IDRIP).

Pelaksanaan kegiatan pelatihan Fasilitator Desa/Kelurahan dibuka oleh Kabid Pencegahan BPBD Sulawesi Utara Bapak Jufri Rumondor. Dia berterimakasih kepada BNPB dan PT Prismaita Cipta Kreasi serta RMC-3 yang sudah memfasilitasi melaksanakan kegiatan pelatihan ini.

Harapannya para fasilitator Desa/kelurahan Ini menjadi aset kita dan mitra kita dalam upaya-upaya pencegahan atau pengurangan risiko bencana serta memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang risiko bencana di Desa Maupun Kelurahan.

Selain itu turut hadir perwakilan dari BPBD Sulawesi Utara, BPBD Kota Bitung dan BPBD Minahasa Utara selama kegiatan Pelatihan berlangsung kegiatan pelatihan fasilitator Desa/Kelurahan  Fasilitasi Peguatan ketangguhan masyarakat wilayah-3 Sulawesi Utara di tutup Langsung Oleh Kabid Pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Kota Bitung bapak Jerry Robert W Kalalo.

Latest from Same Tags