25 July 2024

Diresmikan Kakanwil Kemenkumham Sulut, Lapas Kelas IIB Tondano Miliki Dapur Sehat

2 mins read
Dapur Sehat Lapas Tondano
Peresmian dapur sehat di Lapas Tondano, Kamis (5/10/2023). KM-Kelly

KANALMETRO, MINAHASA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Tondano memiliki dapur sehat yang diresmikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulut, Ronald Lumbuun, Kamis 5 Oktober 2023.

Ronald Lumbuun berharap dapur sehat di Lapas Kelas IIB Tondano dapat menjadi Pilot Project atau percontohan bagi UPT Pemasyarakatan di Sulut.

“Percontohan dapur sehat ini, untuk pemenuhan hak mendapatkan makan yang layak dan sesuai gizi bagi tahanan, anak binaan dan para Narapidana, karena telah diamanatkan dalam pasal 7, 9 dan 12 UU no 12 Tahun 2022 tentang prmasyarakatan dan surat Dirjen Pemasyarakatan nomor PAS.6-PK.06.08.1005 hal himbauan peresmian Dapar Sehat percontohan di UPT Pemasyarakatan dan merupakan komitmen untuk terus menjaga mutu serta kualitas makanan dan minuman bagi warga binnaan pemasyarakatan,” katanya.

Peresmian Dapur Sehat ini, menurut Lumbuun, merupakan tindaklanjut himbauan dari Dirjen Pemasyarakatan, agar kantor wilayah Kemenkumham di Indonesia dapat meresmikan satu dapur sehat UPT Pemasyarakatan lainnya dalam penyelenggaraan layanan perawatan tahanan dan warga binaan agar lebih baik.

“Dapur Sehat ini juga didukung dengan data dan ketentuan pemenuhan legalitas standar kesehatan tersertifikasi, dengan diperpanjang masa berlaku Sertifikat Laik Higiene Sanitasi jasa boga dari Dinas Kesehatan Minahasa,” ungkapnya.

“Saya ucapkan selamat dan apresiasi kepada Lapas Klas IIB Tondano dan jajaran atas capaiannya, semoga hal baik ini dapat memberi motivasi bagi UPT Pemasyarakatan penyelenggara makanan lainnya di Sulut,” tutupnya.

Sementara itu, Kalapas Klas IIB Tondano, Yulius Paath menyambut baik atas peresmian yang dilakukan langsung oleh Kakanwil KemenkumHam Sulut.

“Karena peresmian dapur sehat semua menyangkut kebersihan, dan memang menjadi suatu kewajiban yang selalu diterapkan dalam pengolahan makanan bagi warga binaan di Lapas Tondano, karen bertujuan untuk menjaga kualitas makanan yang dimasak dan disajikan kepada para Napi atau warga binaan,” pungkasnya

Peresmian itu dihadiri Ketua PMI Minahasa Robby Dondokambey, Plh Kepala Divisi Pasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulut, Ketua Yayasan hidup Cemerlang dan kepala Puskesmas Papakelan.

Latest from Same Tags