14 July 2024

Bawaslu Minahasa Rakor Pengelolaan Data dan Penanganan Pelangaran Pemilu 2024

1 min read
Bawaslu Minahasa
Rakor Bawaslu Minahasa di Tompaso, Selasa (7/11/2023). KM-Kelly

KANALMETRO, MINAHASA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) soal pengelolaan data dan penanganan pelanggaran Pemilu 2024, yang dilaksanakan di Wawi Kadio, Desa Tounsewer, Kecamatan Tompaso, Selasa hingga Rabu 7 – 8 November 2023.

Dimana dalam Rakor itu diikuti oleh seluruh Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesesaian Sengketa, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Minahasa.

Kordinator divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesesaian Sengketa Bawaslu Minahasa, Donny Lumingas mengatakan tujuan Rakor itu dalam rangka meningkatkan kapasitas para Panwascam.

Sehingga para peserta dibekali sejumlah materi seperti, teknis penerimaan laporan dan alur penanganan pelanggaran. Karena alur penanganan pelanggaran harus sesuai dengan Perbawaslu Nomor 7 tahun 2022, terkait penanganan temuan dan laporan.

Selain itu ada pula simulasi terkait penanganan pelanggaran. Dimana dalam simulasi itu diajarkan untuk membuat kajian awal penyelesaian kasus-kasus yang ada nantinya.

β€œIni perlu segera dilakukan karena tahapan kampanye akan segera dimulai. Meski belum ada laporan. Namun ini upaya persiapan ketika ketika ada yang datang melapor, sehingga Panwasca harus bisa menyikapinya,” tambah Dia.

Latest from Same Tags