22 July 2024

/

KPID Sulut Maksimalkan Pengawasan Siaran Ditahapan Kampanye Pemilu 2024

1 min read
Pengasihan Amisan KPID Sulut
Komisioner KPID Sulut, Pengasihan Amisan. (foto: dok pribadi)

KANALMETRO, SULUT – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ikut melakukan pengawasan secara maksimal terhadap seluruh siaran ketika memasuki tahapan kampanye dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Terkait itu, KPID Sulut pun mengadakan kunjungan ke Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Manado, Selasa 5 Desember 2023.

“Berdasarkan peraturan KPI nomor 4 tahun 2023, semua media baru bisa melakukan penanyangan dan atau penyiaran kampanye Pemilu mulai 21 Januari 2024 nanti,” kata Pengasihan Amisan selaku  Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran (PIS) KPID Sulut.

Sehingga Dia menegaskan bahwa sebelum tanggal yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara Pemilu. Maka semua Media tidak boleh menyiarkan perihal kampanye peserta Pemilu.

Komisioner KPID Sulut, Merlyn Watulangkow menambahkan bahwa kunjungan yang dilakukan pihaknya sebagai upaya preventif terkait pelanggaran Pemilu di Sulut dalam ranah penyiaran.

“Upaya ini guna menghindari agar jangan sampai ada pemberian surat teguran,” jelas Dia.

Kepala Stasiun RRI Manado, Haris Talamati, dirinya mengatakan bahwa pihaknya akan mengkoordinasikan lagi dengan kantor pusat terkait apa yang telah disampaikan KPID Sulut dalam kunjungan tersebut.

Editor: Fransiskus Talokon

Latest from Same Tags