14 July 2024

160 KK di Kampung Laine di Sangihe Terdampak Banjir, Tamuntuan: Bantuan Akan Diberikan Setiap Hari

1 min read
Banjir Laine Sangihe
Penyerahan bantuan oleh Pj Bupati Sangihe bagi warga terdampak banjir di Kampung Laine, Selasa (23/1/2023). KM-Iwan

KANALMETRO, SANGIHE – Cuaca buruk yang terjadi, Minggu 21 Januari 2024 membuat 160 Kepala Keluarga (KK) di Kampung Laine, Kecamatan Manganitu Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe terdampak bencana banjir.

“Dari 160 KK, ada 150 rumah yang terdampak banjir, didalamnya ada 52 Lansia, tujuh bayi, 14 Balita, empat Disabilitas, satu ibu hamil serta satu Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ),” kata Kapitalaung (sebutan Kepala Desa di Sangihe, red) Kampung Laine, Alci Lahonda, Selasa 23 Januari 2024.

Selain itu Dia mengatakan ada pula empat gedung Gereja, empat rumah dinas guru, kantor desa, pasar, dua gedung sekolah serta sejumlah fasilitas publik di Kampung tersebut ikut terdampak.

Atas kejadian itu, Pj Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan menyerahkan bantuan bagi warga Kampung Laine yang terdampak banjir. Bantuan yang diberikan berupa makanan siap saji, 50 lembar selimut, pakaian bayi dan orang dewasa, Kasur serta perlengkapan mandi.

“Bantuan ini dari Pemkab Sangihe dan Dinas Sosial Provinsi Sulut. Nantinya bantuan yang sama akan disalurkan setiap hari bersamaan dengan beras,” kata dr Rinny Tamuntuan.

Dia berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan beban masyrakat yang terdampak bencana banjir. Warga diminta untuk tetap siaga dengan kondisi cuaca buruk yang diprediksi masih akan terjadi. Terlebih yang tinggal di daerah rawan bencana.

“Kepada seluruh masyarakat Sangihe, selalu waspada terhadap cuaca buruk yang sering terjadi. Tetap dan selalu, berdoa agar dijauhkan dari segala musibah,” pungkas Dia.

Editor: Fransiskus Talokon

Latest from Same Tags