15 July 2024

//

Soal Aduan Sengketa Caleg Gerindra, Begini Tanggapan KPU Manado

2 mins read
Pleno KPU Manado
Para komisioner KPU Manado bersama sejumlah saksi usai rapat pleno, Rabu (6/3/2024). KM-Rio

KANALMETRO, MANADO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado langsung memberikan tanggapan terkait aduan sengketa yang dilayangkan Calon Legislatif (Caleg) Partai Gerindra, Ferdinand Djeki Dumais ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat.

“Jika ada aduan sengketa dari Caleg Partai Gerindra, nanti Bawaslu Manado yang menilai,” kata Ketua KPU Manado, Ferley Kaparang saat dihubungi, Jumat 15 Maret 2024 malam.

Karena menurut Dia, sengketa itu diadukan ke Bawaslu Manado.

“Kalau mau keberatan silahkan ke Mahkamah Konstitusi. Karena semuanya sudah disahkan dalam rekapitulasi tingkat nasional,” tambah Ferley Kaparang.

Namun menurut Dia secara kelembagaan, pihaknya menghormati atas apa yang dilakukan oleh Caleg tersebut. Dan KPU Manado nantinya akan melakukan koordinasi dengan Parpol Gerindra, bukan dengan Caleg.

Selain itu, Ferley Kaparang yang berlatar belakang advokat ini menjelaskan bahwa ketika proses perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga rapat pleno di tingkat Kecamatan sampai Provinsi tidak ada saksi yang kebetaran.

“Memang waktu pleno tingkat Kota, yang bersangkutan sempat mengajukan surat keberatan. Namun tidak disertai dengan bukti-bukti,” tambah Dia.

Sekedar diketahui, Ferdinand Djeki Dumais mengajukan sengketa ke Bawaslu Manado atas dugaan kecurangan terhadap suaranya yang diduga digeser atau dihilangkan. Oleh karena itu Dia meminta KPU untuk membuka seluruh kotak suara di Kelurahan Sumompo, yakni pada TPS 1 sampai 24). Serta TPS 1 sampai 25 di Kelurahan Tuminting dan TPS 10 Kelurahan Bunaken.

Karena pada TPS 18 Kelurahan Sumompo, dalam C1 Hasil Dia mendapat 8 suara. Namun saat dibuka kotak suara dan dihitung kembali ternyata ada 13 suara, 5 suara tidak dicatat. Begitu pula dengan TPS 23, pada C1 Hasil itu 0 tetapi setelah dibuka kotak ada 1 suara.

Reporter: Roni Sepang

Editor: Fransiskus Talokon

Latest from Same Tags