29 May 2024

Tomohon Masuk Daerah Potensi Bencana Gunung Meletus

1 min read
mengikuti video conference pembukaan Rapat Kerja Nasional Penanggulangam Bencana Tahun 2021 (ist)

TOMOHON – Kota Tomohon merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi bencana alam, terlebih Gunung meletus. Karena di Kota Tomohon, dilalui jalur Gunung Api.

Oleh karena itu diharapkannya kepada jajaran Pemkot serta warga Kota Tomohon agar harus tanggap darurat. Hal itu guna meminimalisir segala macam potensi dampak serta bencana alam.

“Tentunya kita juga bersama berdoa agar terhindar dari hal- hal yang tidak diinginkan,” kata Walikota Tomohon Caroll Senduk usai  mengikuti video conference pembukaan Rapat Kerja Nasional Penanggulangam Bencana Tahun 2021, Rabu (3/3/2021).

SAMBUTAN PRESIDEN JOKO WIDODO

Sementara Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ketika membuka rapat kerja itu mengatakan di tahun 2020 bangsa Indonesia dihadapkan pada berbagai bencana baik bencana alam maupun non alam berupa pandemi Covid-19.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang merupakan bencana kemanusiaan yang tidak pernah ada pembandingnya dalam sejarah ini, Presiden menegaskan, penanganan pada sisi kesehatan dan ekonomi harus diselesaikan dalam waktu yang bersamaan.

“Bukan hanya skala daerah, bukan hanya skala nasional, tetapi juga skala global, lebih dari 215 negara mengalami hal yang sama, yang mengharuskan kita bekerja cepat, harus inovatif, dan juga berkolaborasi dengan semua pihak, dengan negara lain, dengan lembaga-lembaga internasional,” ujarnya.

Presiden pun menekankan pentingnya aspek mitigasi atau pencegahan sebagai kunci utama dalam mengurangi risiko bencana.(zakaria)

Latest from Same Tags