18 April 2024

Gempa Jatim Telan Korban Jiwa Enam Warga

1 min read
Gempa yang terjadi di Jatim mengakibatkan enam warga dilaporkan meninggal dunia. (foto ist)

KANALMETRO.com – Sabtu (1/4/2021) sekitar pukul 18.00 WIB, Provinsi Jawa Timur (Jatim) diguncang Gempa Bumi dengan Mangitudo 6,1 hingga menewaskan enam orang warga. Itu pun berdasarkan data yang disampaikan Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

 “Data setiap perkembangan berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan terus kami sampaikan. Karena saat ini masih terus dilakukan penilaian dampak dan kebutuhan pasca gempa,” kata Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB.

Menurutnya, untuk sementara soal dampak yang dilaporkan adalah enam warga meninggal dunia dan satu luka berat. Untuk korban meninggal dunia terdapat di Kabupaten Lumajang tiga orang, Kabupaten Malang satu orang. Sedangkan dua korban lainnya di antara Kabupaten Lumajang dan Malang.

Di Kabupaten Tulungagung dilaporkan rata – rata rumah warga mengalami kerusakan kategori rusak ringan akibat guncangan gempat. Sedangkan di Kabupaten Trenggalek dan Kota Malang, kerusakan rumah pada kategori rusak ringan hingga sedang. Kabupaten Lumajang, Malang dan Blitar, tingkat kerusakan rata-rata ringan hingga berat.

BPBD Kabupaten Lumajang juga mencatat ada titik pengungsian di Desa Kali Uling, Kecamatan Tempur Sari. Jumlah warga mengungsi masih dalam pendataan. Sedangkan di Kabupaten Malang, Blitar, Trenggalek dan Tulungagung belum ada laporan warga yang mengungsi.

“BNPB terus berkoordinasi dan memantau kondisi di lokasi bencana dengan berkoordinasi dengan BPBD di wilayah Provinsi Jawa Timur,” pungkasnya.(marcel)

Latest from Same Tags