Gereja Terdampak Surigae di Minahasa Dapat Bansos

2 mins read
Bupati Minahasa menyerahkan bansos bagi pimpinan Gereja yang terdampak Badai Surigae di Eris. (foto kanalmetro)

MINAHASA – Gereja Baptis Efrata di Desa Watumea, Kecamatan Eris, Kabupaten Minahasa yang mengalami kerusakan karena  terdampak diterjang Badai Surigae mendapat bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Bansos diserahkan langsung Bupati Minahasa Royke O Roring (ROR), Senin, (19/4/2021).

Sejumlah Bansos yang diserahkan berupa uang tunai sebesar Rp 10 Juta dan beberapa kebutuhan harian lainnya. Bansos diterima langsung Pdt Billy Kesek STh.

ROR kesempatan itu menyampaikan secara langsung turut berbela sungkawa atas kejadian melanda Gereja Baptis Efrata yang mengalami kerusakan akibat terdampak Badai Surigae.

”Saya berharap bantuan ini bisa meringankan beban jemaat dan kiranya dapat dipakai dengan sebaik-baiknya,” kata ROR yang didampingi sejumlah pejabat Pemkab Minahasa.

Baca juga: Badai Surigae di Minahasa, Gereja dan Rumah Rusak

Selain itu, kesempatan tersebut Bupati mengimbau kepada seluruh warga Minahasa untuk tetap waspada dan berdoa memohon tuntunan serta perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa agar Kabupaten Minahasa maupun Sulawesi Utara dapat terhindar dari bencana.

Karena menurutnya setiap orang harus waspada dari potensi Bibit Siklon Tropis 94w yang bisa berkembang menjadi Siklon Tropis Surigae. Apalagi hal itu bisa saja menjadi badai dan dapat menimbulkan hujan lebat disertai angin kencang. Kemudian juga bisa berpotensi mengakibatkan terjadinya agin puting beliung, hujan lebat disertai kilat/ petir.

ROR melakukan peninjauan di Gereja Baptis Efrata Watumea (foto ist)

Dampak lainnya yakni juga bisa terjadi bencana alam seperti Banjir, Tanah Longsor, Banjir Bandang, Genangan Air, Angin Kencang, Pohon Tumbang serta beberapa potensi lainnya.

“Kiranya masyarakat tetap waspada. Sedangkan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), instansi terkait serta aparat pemeritahan di Kecamatan, Desa dan Kelurahan agar terus siaga dengan kondisi cuaca seperti saat ini,” pungkas ROR.

Baca juga: Polres Minahasa Apel Antisipasi Bencana

Sekedar diketahui akibat terjangan badai Surigae, ada pula rumah warga di Kelurahan Kinali, Kecamatan Kawangkoan yang ikut terdampak. Selain itu akses jalan ke Desa Kanonang sempat tertutup karena adanya pohon tumbang. Semuan kejadian itu terjadi Minggu (18/4/2021) sore hari. (kelly)

Latest from Same Tags