23 June 2024

Sisa Dana Pilkada Tomohon Dari KPU Rp 1,7 Miliar

2 mins read
Walikota menerima laporan dan bukti transfer pengembalian sisa dana Pilkada Tomohon kepada Pemerintah Kota.

TOMOHON – Sisa dana Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tomohon tahun 2020 senilai Rp 1,7 Miliar dikembalikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kepada Pemerintah Kota (Pemkot). Pengembalian sisa dana Pilkada Tomohon itu diserahkan bersamaan dengan penyerahan laporan dan bukti transfer kepada Pemkot yang diterima langsung Walikota Caroll Senduk, Rabu (21/4/2021) di Terung Kawasaran.

Dana yang dikembalikan itu merupakan sisa dari hibah Pemkot Tomohon untuk penyelenggaraan seluruh tahapan Pilkada tahun 2020. Dimana dana hibah yang diberikan Pemkot kepada KPU untuk Pilkada yakni sebesar Rp 18 Miliar.

Dalam penyerahan sisa dana Pilkada Tomohon itu kepada Walikota juga turut disaksikan Wakil Walikota Wenny Lumentut.

Baca juga: WL: Mari Bangun Tomohon Tanpa Memandang Perbedaan

“Dana yang berjalan dari tahun 2019 hingga 2021 ini akan kami pertanggungjawabkan kepada Pemkot dalam waktu Tiga bulan sesudah penetapan dari KPU,” kata Ketua KPU Kota Tomohon Harianto Lasut.

Pada kesempatan itu pula Lasut mengatakan jika secara Nasional KPU Tomohon menerima penghargaan dari KPU RI yang dipercayakan sebagai peringkat Tiga tertinggi se Indonesia dalam hal Partisipasi Masyarakat di Pilkada. Sedangkan oleh KPU Provinsi Sulut mendapat Empat penghargaan juga.  

“Penghargaan dari KPU Sulut tentang Tata Kelola Tahapan Pencalonan Terbaik, Fasilitasi Pelayanan Pelaporan Dana Kampanye Terbaik, Daerah dengan Kreasi Sosialisasi dan Kepatuhan Pelaporan Sosialisasi, serta Kampanye Terbaik.” jelas Lasut.

Sementara itu Walikota menyampaikan terima kasih kepada KPU Kota Tomohon, atas kinerja yang telah dilaksanakan. Sehingga Penyelengara Pilkada Tomohon boleh berjalan baik dan lancar serta memperoleh sejumlah penghargaan, baik dari KPU RI maupun Provinsi.

Terlebih dengan adanya efisiensi anggaran menjadi suatu bukti kinerja KPU Tomohon perlu diapresiasi.

Baca juga: Menuju Tomohon Kota Wisata Dunia

“Intinya Pilkada Tomohon berjalan lancar, dan ada efisiensi yang cukup luar biasa. Kami selaku Pemerintah Kota Tomohon mengucapkan terima kasih atas semua kinerja yang dilaksanakan oleh KPU,” tambah Lumentut.

Hadir juga para Komisioner yakni Robby Golioth, Stenly Kowaas, Jacobus Wowor beserta staf KPU Tomohon dan Kepala Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Heri Gerardus Mogi. (wam)

Latest from Same Tags