10 Kelurahan di Tomohon Sudah Terpasang Internet Gratis

3 mins read
10 Kelurahan di Tomohon kini sudah bisa menikmati program internet gratis yang merupakan realisasi janji kampanye CSWL di Pilkada. Walikota melakukan launching di Kelurahan Kakaskasen Dua.

TOMOHON – 10 Kelurahan di Kota Tomohon kini sudah bisa menikmati program internet gratis yang merupakan bagian dari merealisasikan janji  Walikota dan Wakil Walikota, Caroll Senduk – Wenny Lumentut (CSWL) ketika masa kampanye di Pilkada tahun 2020.

Hal ini ditandai lewat launching internet gratis pada kelurahan di Kota Tomohon, Kamis (29/4/2021) di Balai Kelurahan Kakaskasen Dua, Kecamatan Tomohon Utara.

Walikota dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya internet gratis ini, maka masyarakat Kota Tomohon dapat mengakses informasi yang sifatnya positif. Dengan harapan hal itu untuk dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan dan jati diri masyarakat. Disamping juga hal itu guna menghemat pengeluaran pribadi masyarakat untuk pembelian pulsa data karena telah berjalannya program internet gratis di Kota Tomohon.

Baca juga: Pejabat Tomohon Diwacanakan Pakai Baju Adat Saat Dinas

“Kiranya masyarakat Tomohon harus memahami serta memiliki literasi digital yaitu pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital. Termasuk  membuat informasi serta memanfaatkannya secara sehat, bijak, tepat, dan taat hukum dalam rangka membina interaksi kehidupan sehari-hari,” terang Senduk.

Fakta menarik dan bermanfaat

Sementara itu Lumentut saat interaktif dengan beberapa lurah dan kepala sekolah, mengimbau agar dengan adanya ketersediaan fasilitas internet gratis ini untuk tidak gagap teknologi.

“Jangan sampai siswa yang lebih paham teknologi, sehingga guru harus bisa menyesuaikan dengan zaman ini. Dan tentunya diharapkan memanfaatkan ini dengan konten positif,” harap Lumentut

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah (Diskominfo) Kota Tomohon Novi Politon menjelaskankan bahwa program internet gratis ini tahap awal telah terpasang pada 10 kelurahan. Dan ditargetkan dalam waktu dua bulan kedepan, 44 Kelurahan di Tomohon seluruhnya telah terpasang/tersambung internet gratis.

“Kami juga akan mencari alternatif tempat bagi kantor lurah yang terletak jauh dari pemukiman. Diupayakan untuk bisa berkoordinasi dengan sekolah atau tempat umum yang bisa dipasang spot internet gratis,” jelas Politon.

Dikatakannya pula jika hal ini merupakan pencapaian salah satu dari program unggulan Tomohon Smart City dalam mewujudkan visi dan misi CSWL.

Baca juga: CSWL Lantik 46 Pejabat Fungsional Tertentu

“Kedepan kami akan mengadakan penandatanganan kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar bisa menyediakan akses internet gratis juga di semua sekolah,” tambah Kepala Bidang Penyelenggaraan e- Government Diskominfo Tomohon Joice Wajong.

Pada acara launching tersebut, Walikota dan Wakil Walikota melaksanakan interaktif dengan beberapa kelurahan, sekolah, pedagang pasar Wilken, pelaku usaha start up (pelaku usaha berbasis digital). Seluruhnya pun merespon secara positif sambil berterima kasih kepada Pemerintah Kota Tomohon atas pelaksanaan program yang sangat bermanfaat ini.

Hadir juga General Manager PT Telkom Sulawesi Utara dan Maluku Utara Lonely Baringin,  anggota Pelaksana Dewan TIK Nasional Bapak Garuda Sugardo, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah (Dikbuda) Juliana Dolvin Karwur, , Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Albert J Tulus serta para Camat maupunn JajaranPemkot Tomohon. (wam)

Latest from Same Tags