Senduk Support Rangkaian Hardiknas LPKA Tomohon

3 mins read
Walikota Tomohon mengadakan penanaman daun bawang di kebun LPKA Tomohon

TOMOHON –  Walikota Tomohon didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tomohon drg Jeand’arc Senduk-Karundeng menyambangi Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Tomohon pada Jumat (30/4/2021). Bukti perhatian nyata orang nomor satu di Tomohon, Caroll Senduk support LPKA Tomohon. Memaknai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Senduk menyerahkan 30 ijasah kesetaraan bagi para Anak Didikan Pemasyarakatan (Andikpas), juga membuka modul pembelajaran bagi yang mengikuti ujian kesetaraan paket C. Sekaligus melakukan penanaman perdana daun bawang bersama kelompok Tani Ketapel milik LPKA Tomohon.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Tomohon menuturkan ini merupakan salah satu perhatian pemerintah sesuai dengan tema kegiatan Hardiknas tahun ini serentak bergerak wujudkan merdeka belajar.

“Kami tentunya mengapresiasi langkah LPKA Tomohon melihat program yang dijalankan di sini, selain menimbah ilmu untuk memperoleh ijazah, juga mendapat berbagai pelatihan kreatifitas hingga bercocok tanam. Ini menjadi modal yang sangat positif bagi para Andikpas,” tegas Senduk.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Tomohon Juliana D Karwur melalui laporannya mengungkapkan pihaknya menyadari kewajiban memperoleh pendidikan juga bagi mereka yang terjerat hukum.

“Program ini telah berjalan sejak 2015 silam, dimana dilakukan pembelajaran tatap muka, dibantu dengan para tutor yang juga mengarahkan saat pembelajaran, namun sempat terhenti lad atahun lalu karena situasi pandemi. Untuk itu lewat kegiatan ini kami menyerahkan 30 ijazah keseluruhan bagi mereka yang telah selesai ujian Paket C tahun sebelumnya sejak 2015 – 2019,” terang Karwur.

Fakta menarik dan bermanfaat

Kepala LPKA Tomohon Marulye Simbolon berterima kasih atas perhatian Walikota Caroll Senduk support LPKA Tomohon.

“Setiap LPKA terdapat sekolah namanya Sekolah Mandiri Merdeka Anak Belajar, setiap LPKA harus memiliki keunggulan masing-masing, sesuai iklim di sini kami memaksimalkan agribisnis pertanian. Para Andikpas kami mendapat pendampingan dari Dinas Pertanian Tomohon juga terdapat beberapa kegiatan lain yang berkolaborasi dengan Dinas-dinas yang ada di Pemkot Tomohon, momentum ini kami mengajak Walikota untuk melihat langsung sejauh mana kegiatan kami dan potensi yang ada di sini,” harap Simbolon.

Walikota Tomohon membuka pelaksanan ujian kesetaraan Paket C di LPKA Tomohon

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Tomohon Steven Waworuntu juga menyerahkan beberapa bibit tanaman yang akan dimaksimalkan di kebun LPKA Tomohon.

“Untuk bibit yang kami serahkan saat ini yaitu Jagung Hibrida JH 37 dan Kacang Panjang. Kami juga melakukan pendampingan selama ini guna membantu LPKA memanfaatkan potensi perkebunan,” singkat Waworuntu.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Tomohon Djemmy Sundah, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Manado Gayatri Rilowati, unsur TNI/Polri, jajaran Pemkot Tomohon, Camat dan lurah setempat. Juga dihadiri perwakilan dari Fakultas Teknik Unima. (wam)

Latest from Same Tags