19 April 2024

Santunan Duka di Minahasa Capai Senilai Rp 108.500.000

2 mins read
Nilai santunan duka di Minahasa mencapai Rp 108.500.000. Santunan diserahkan Bupati bersama Wakil Bupati Minahasa, ROR-RD.

MINAHASA – Bupati Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara Royke Octavian Roring (ROR) menyerahkan santunan duka senilai Rp 108.500.000. Jumlah yang terbilang cukup besar itu diserahkan ROR atas meninggalnya Hukum Tua (Kepala Desa) Desa Pulutan, Kecamatan Remboken, Jopi Ngeloh.

Bantuan diserahkan Bupati bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey (RD) ketika datang melayat ke rumah duka, Rabu (5/5/2021).

Dimana jumlah itu terdiri dari santunan duka program Pemkab Minahasa yang berasal dari kepesertaan BPJS Tenaga Kerja yaitu sebagai Perangkat Desa sebesar Rp 42 Juta. Selanjutnya sebagai anggota Korpri sebesar Rp 42 Juta. Kemudian sebagai pekerja keagamaan (Penatua)  yang diprogramkan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut 42 Juta.

Sehingga total santunan berjumlah Rp 126 Juta. Namun karena dalam komponen santunan tersebut terdapat biaya pemakaman Rp 10 Juta maka yang diterima oleh ahli waris dipotong Rp 20 Juta karena biaya pemakamam hanya satu kali. Jumlah itu ditambah lagi dengan santunan duka Pemkab Minahasa Rp 2,5 Juta, sehingga total keseluruhan yang diterima keluarga Rp 108.500.000.

“Almarhum meninggalkan duka bukan saja bagi keluarga dan masyarakat Pulutan, tapi juga bagi Pemerintah dan rakyat Minahasa. Itu karena almarhum merupakan sosok Hukum Tua  berprestasi dan memiliki kepemimpinan yang baik selama mengabdi dalam kurun waktu sekitar Delapan tahun,” kata ROR.

Baca juga: Gereja Terdampak Surigae di Minahasa Dapat Bansos

Asisten I Setdakab Minahasa Denny Mangala menambahkan bahwa sejak awal dilaksanakan program tersebut tahun 2018, baru kali ini santunan diberikan sebanyak 3 kali dari BPJS Tenaga Kerja.  Bahkan menurutnya jumlah itu belum termasuk dengan santunan duka dari PT Taspen sebesar Rp 62 Juta. Ditambah lagi santunan pendidikan bagi anak almarhum yang sementara pendidikan masing masing Rp 15 Juta.

“Semoga bantuan ini bisa meringankan beban keluarga yang berduka. Dan ini Ini merupakan bukti dukungan dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Minahasa untuk membantu warga yang tertimpa duka,” pungkas Mangala yang juga  menyerahkan piagam penghargaan bagi Istri Almarhum sebagai bemtuk penghargaaan atas totalitas pengabdian sebagai kuntua selama delapan tahun. (kelly)

Baca juga: Dana Duka Rp 5 Juta di Tomohon Mulai Direalisasikan

Latest from Same Tags