22.034 Warga Tomohon Telah Jalani Vaksinasi Tahap I

3 mins read
Vaksinasi Tomohon
Meski sudah Lansia, tetap bersedia untuk menjalani Vaksinasi

KANALMETRO, TOMOHON – Tercatat jumlah warga Kota Tomohon yang telah Vaksinasi tahap I untuk mencegah penyebaran Covid-19 sebanyak 22.034  jiwa.

Warga Tomohon yang telah vaksinasi tahap pertama sebanyak 22.034, sedangkan tahap kedua 8.636. Data itupun terhitung hingga Kamis (17/6/2021). Data itu terbagi dalam sejumlah lokasi pelaksanaan Vaksinasi di Kota Tomohon.

Seperti Puskesmas Tinoor 153 orang, Puskesmas Kakaskasen  177, Puskesmas Rurukan 184 untuk tahap pertama, Puskesmas Matani 110 tahap pertama dan satu orang tahap kedua.

Puskesmas Taratara 235 tahap pertama dan satu orang tahap kedua, Puskesmas Lansot 175, RSUD Anugerah 87 tahap pertama dan lima tahap kedua. RSU Gunung Maria 106 tahap pertama dan dua untuk tahap kedua, Dinas Kesehatan 213 orang.

Sedangkan data dari RS Bethesda dan Puskesmas Pangolombian belum masuk.

Baca juga: Tolak Vaksinasi, Ini ‘Sanksi’ dari Pemkot Tomohon

“Pemerintah Kota Tomohon siap melayani bahkan sampai di kelurahan-kelurahan. Kami mengajak warga masyarakat untuk ikut program ini, untuk diri, orang yang kita sayangi dan orang lain di sekitar kita,” kata Walikota Tomohon Caroll Senduk ketika meninjau vaksinasi massal Kota Tomohon di Menara Alfa Omega dan Balai Kelurahan Kakaskasen Dua.

Bahkan dirinya meminta seluruh masyarakat untuk saling mengajak kepada setiap orang, terlebih yang disekitar guna melakukan vaksinasi.

Karena menurutnya, hal ini merupakan arahan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk memperbanyak pelaksanaan vaksinasi covid-19 kepada seluruh masyarakat.

Walikota juga memberikan motivasi dan apresiasi kepada para tenaga kesehatan yang telah  melaksanakan tugasnya dengan baik bagi kemanusiaan dan untuk Tomohon Hebat.

Sejumlah warga menjalani screaning kesehatan oleh tim medis sebelum divaksin

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tomohon dr Olga Karinda mengatakan dengan capaian ini membuktikan kesadaran masyarakat cukup tinggi.

Dijelaskannya bahwa peningkatan siginifikan terjadi didua pekan terakhir ini. Sehingga pihaknya optimis target bisa tercapai.

“Tentunya perlu diapresiasi upaya seluruh pihak, baik masyarakat maupun koordinasi baik gugus tugas, pemerintah Kelurahan dan TNI/Polri yang senantiasa mensosialisasikan,” kata Karinda.

Bahkan menurutnya ada pula yang terus memberikan edukasi dari pengeras suara ditiap lingkungan dengan memberikan pemahaman bagi masyarakat terkait proses vaksinasi.

“Untuk hari ini, yang melakukan Vaksin tahap satu sebanyak 1440 orang, dan tahap dua Sembilan orang,” tambahnya.

Baca juga: Pedagang Pasar Tomohon Wajib Divaksin

Karinda pun memastikan jika ketersediaan stok vaksin di Tomohon masih memungkinkan karena selalu melakukan permintaan ke Dinkes Provinsi. Bahkan beberapa hari yang lalu juga Dinkes Tomohon baru ketambahan stok vaksin.

“Tentunya kami terus memgingatkan bagi masyarakat yang akan menerima vaksin tetap menjaga dan memperhatikan protokol kesehatan ketika beraktivitas dimana saja berada,” pungkasnya.

Latest from Same Tags