23 June 2024

/

Remaja Minut Jatuh di Air Terjun Tinoor

4 mins read
Lelaki Minut Jatuh di Air Terjun Tinoor
Upaya evakuasi dilakukan terhadap korban yang jatuh di sekitaran air terjun Tinoor (kanalmetro)

KANALMETRO, TOMOHON – Seorang remaja, lelaki Jovan Lalangu (15) warga Desa Kawiley, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) mengalami kecelakaan jatuh di kawasan air terjun Tekaan Telu Tinoor, (21/6/2021) sore sekitar pukul 18.00 Wita.

Untung saja, korban berhasil dievakuasi dengan keadaan selamat oleh tim gabungan dari Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP, Reskom Tomohon, Lurah Tinoor Satu dibantu warga setempat.

Akibat kecelakaan itu, korban mengalami luka serius pada bagian lutut kedua kakinya dan sejumlah luka lainnya di tubuhnya serta robek di kepalanya.

Informasi yang dihimpun Kanal Metro di lokasi kejadian, korban awalnya dari Minut berencana mendaki Gunung Lokon bersama empat temannya masih berusia remaja.  Mereka adalah Riva Pontiang (16), Rafael Tangkudung (16), Jenifer Paat (16) dan Rianny Dumais (13) semuanya warga Minut.

Namun ketika dalam perjalanan mereka tak langsung ke Gunung Lokon melainkan singgah di air Terjun Tinoor. Ketika tiba pada sore menjelang malam, dalam kondisi gelap mereka turun ke Air Terjun.

Nah sial menimpa, korban terpeleset hingga jatuh ke jurang sekitar air terjung yang kedalamannya sekitar 100 meter. Untung saja tak jatuh hingga ke bawah karena masih sempat tersangkut.

Beruntung tak lama kemudian terlihat ada dua orang warga setempat sedang mencari tikus hutan tak jauh dari lokasi kejadian. Oleh teman korban langsung memberitahukan hal itu.

Dibantu dua warga Tinoor yakni Fahri Longdong dan Rendy Sondakh akhirnya diarahkan ada yang menemani korban karena sudah tidak bisa berdiri. Sedangkan temannya Riva diminta untuk melaporkan kejadian itu ke Polsek Tomohon Utara.

Berhasil dievakuasi, korban langsung dibawah tim medis ke RSUD Anugerah Tomohon (kanalmetro)

Kapolsek Tomohon Utara Iptu Hence Supit mengatakan, setelah menerima laporan pihaknya langsung  menginstruksikan anggota menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP), sekaligus melakukan koordinasi dengan BPBD Tomohon.

“Saat tiba dilokasi, kondisi medan untuk melakukan evakuasi cukup sulit karena keadaan sangat curam dan membahayakan. Dibantu Lurah Tinoor Satu bersama warga sekitar, anggota Polri dan Satpol PP bersama BPBD mencoba melakukan evakuasi secepatnya karena korban  dalam keadaan selamat,” jelas Supit di lokasi kejadian.

Supit menambahkan, jika korban setelah berhasil dievakuasi dengan cara digendong dan memakan waktu sekitar lima jam, langsung dibawah ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anugerah Tomohon guna memperoleh perawatan tim medis.

Lurah Tinoor Satu Steven Karundeng mengakui jika proses yang dilakukan pihaknya lumayan berat karena korban berada jatuh ke bawah jurang puluhan meter. Apalagi dengan peralatan seadanya, namun terus berusaha mengangkat korban dengan mengikat dan ditarik ke atas.

“Medan yang rumit mengakibatkan proses evakuasi butuh waktu lama sehingga kami juga sempat memberikan makanan seadanya ke korban dan dua rekannya karena takutnya mereka terkena hipotermia,” jelas Karundeng.

Karundeng pun mengatakan bahwa kejadian seperti ini yakni jatuh di sekitar air terjun Tinoor sudah beberapa kali terjadi. Sehingga pihaknya berencana akan segera menutup jalur yang bisa digunakan para pendaki. Dan akan mengarahkan untuk mengikuti jalur yang sudah disediakan Dinas Pariwisata.

“Jalur via pos ini tidak bisa diawasi lagi siapa yang turun ke bawah, karena lumayan jauh dari rumah penduduk sekitar. Kalau tidak salah ini satu-satunya korban yang selamat yang jatuh di area air terjun ini. Apalagi kami saja warga Tinoor tidak ada yang berani ke area air terjun ketika hari mulai gelap,” pungkasnya.

Pihak keluarga pun menyampaikan terima kasih atas upaya evakuasi yang diberikan kepada anak mereka.

“Kami keluarga tidak mampu membalas, tapi kami yakin Tuhan akan melihat kebaikan semua yang telah membantu mengevakuasi anak kami,” kata James Lalalngu selaku ayah korban. (wailan)

Latest from Same Tags